Wacana Relokasi Kecamatan Kayan Hilir Jadi Pasar Rakyat, Dewan Harap Punya Konsep Yang Jelas

SINTANG – Kantor Kecamatan Kayan Hilir yang lama rencana akan dialihfungsikan menjadi Pasar Rakyat. Dari itu pihak pemerintah Kecamatan menggelar rapat koordinasi istimewa terkait relokasi tersebut.

Rapat yang digelar di Desa Nanga Mau Kecamatan Kayan Hilir beberapa hari yang lalu dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Askiman. Dikatakan Askiman bahwa hal ini dilakukan dengan pertimbangan perkembangan kegiatan ekonomi yang semakin meningkat. Sehingga perlu pengembangan ke kawasan yang baru.

“Lokasi pembangunan diarahkan ke Desa Mombai, arah pusat pengembangann pusat pemerintahan Kecamatan Kayan Hilir,” kata Askiman.

Di Nanga Mau, kata Askiman akan diarahkan untuk jadi pusat ekonomi perdagangan. Ke arah Mekar Mandiri, puskesmas akan dimekarkan jadi rumah sakit pratama dan juga perkembangan bidang pendidikan. Dari itu perlu adanya SMP baru.

“Kita perlu berkembang agar memudahkan kita semua dapat tumbuh. Koneksi antar wilayah, tidak lagi cuma seputar Nanga Mau ke Nanga Mau jak. Kita kalau membangun di sini terus, hanya akan menjadikan lingkungan kumuh,” lanjutnya.

Perkembangan ini penting, agar pelayanan publik kepada masyarakat dapat lebih terasa. Pelayanan adminitrasi pemerintahan dapat semakin dekat dengan rakyat.

“Inilah pembangunan untuk kemajuan kita di daerah Kayan ini,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hardoyo mengatakan, rencana relokasi tersebut mesti mempunyai konsep yang jelas, agar tak salah dalam mengambil keputusan.

“Kita tentu mendukung selama itu untuk perekembangan ke depannya. Hanya saja kita harapkan relokasi ini harus benar-benar mempunyai kajian dan konsep yang matang,” jelasnya.

Hardoyo juga meyakini, bahwa relokasi yang direncanakan ini tentu sudah dipikirkan matang-matang oleh Pemerintah Kecamatan dengan tujuan untuk meberikan yang terbaik bagi masyrakatnya.

“Seperti untuk perkembangan kegiatan ekonomi agar semakin meningkat dan lain sebagainya. Maka dari itu perlu adanya pengembangan ke kawasan yang baru. Namun saya ingatkan sekali lagi, harus memiliki kajian dan konsep yang benar-benar harus matang,” katanya.

Politisi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini pun berharap, apa yang diwacanakan ini benar-benar dapat terwujud sesuai yang diharapkan, agar tak menjadi bomerang ke depannya.

“Mudahan saja relokasi ini benar-benar berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat ke depannya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.