Wagub Safari Ramadhan di Melawi

MELAWI – Selain berkeliling melakukan SafariRamadhan ke Kabupaten/kota lainnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) juga makukan Safari Ramadhan ke Kabupaten Melawi, Senin sore (13/5/19)di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi.

Kegiatan Safari Ramadhan di Melawi itu dipimpin oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalbar, H. Ria Norsan. Tampak hadir unsur pimpinan Pemkab Melawi dan DPRD Melawi serta ratusan warga dalam Safari Ramadhan yang sekaligus buka puasa bersama itu.

Wagub pada kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan Safari Ramdhan ini sudah menjadi tradisi sejak lama dan terus dilestarikan Pemprov Kalbar.Wagub mengajak seluruh umat muslim di Kabupaten Melawi untuk memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Selain untuk memperat silaturahim dengan masyarakat, kami juga menyerahkan berbagai bantuan khususnya bantuan sosial dari Pemprov Kalbar,” ujar Norsan.

Lebih lanjut Norsan berharap, bantuan yang diberikan dapat dipergunakan sebaiknya dan dapat dipertangungjawabkan dari sisi keuangan dan administrasi. Dikesempatan itu juga Norsan menyampaikan terima kasih yang telah mensukseskan Pemilu khususnya di Kabupaten Melawi.

“Di Pemprov Kalbar sampai hari ini tidak ada permasalah yang serius terkait pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. “Mari kembali bersatu. Jangan sampai memilih pemimpin menjadi perpecahan di masyarakat. Persatuan dan kesatuan harus dipegang teguh,” ajaknya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk berdoa, agar usaha mewujudkan Provinsi Kapuas raya (PKR) secepatnya terealisasi, karena merupakan kebutuhan dan keinginan masyarakat wilayah timur Kalbar.

Sementara itu, ditempat yang sama Bupati Melawi, Panji, atas nama Pemkab Melawi dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalbar, dalam hal ini Safari Ramadhan dipimpin Wakil Gubernur.

“Bagi kita di Melawi merasa sangat disayangi Pemprov Kalbar, terlebih Wakil Gubernur sudah dua kali mengunjungi Melawi. Kita sangat senang sebagai bentuk perhatian Pemprov Kalbar kepada Pemkab Melawi,” katanya.

Panji berharap, dengan kunjungan Safari Ramadhan ini betu-betul memberi semangat dan motivasi serta peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan melalui tausiyah yang disampaikan penceramah.
Mereka yang hadir di kegiatan Safari Ramadhan itu adalah dari kalangan berbagai elemen masyarakat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi, tak terkecuali elite organisasi kemasyarakatan (Ormas) Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Melawi.

Ketua JPKP Melawi, Alungku Marianus, mengaku sangat bangga diundang oleh Pemkab Melawi dalam rangka menghadiri Safari Ramadhan yang dirangkai dengan buka puasa bersama gelaran Pemprov Kalbar itu.

“Kami sangat bangga bisa diundang dan turut hadir diacara ini berada di tengah-tengah berbagai elemen masyarakat Kabupaten Melawi. Kegiatan seperti ini bagus demi menjalin silahturahmi antar sesama masyarakat tanpa melihat perbedaan-perbedaan agama maupun golongan,” kata Marianus.

Menurutnya, gelaran Safari Ramadhan buka puasa bersama ini merupakan contoh kerukunan antar umat beragama yang terjaga di Kabupaten Melawi, karena yang hadir bukan hanya dari kalangan umat muslim, namun juga umat non muslim.

Sementara itu , Koordinator Bidang UKM JPKP Melawi,Iwanto menambahkan, kebersamaan dalam perbedaan-perbedaan agama maupun golongan yang menghadiri buka puasa bersama ini menunjukkan, bahwa toleransi antar umat beragama di Kabupaten Melawi sangat tinggi dan saling menghargai.

“Kita harus tunjukkan bahwa Kabupaten Melawi dapat menjaga toleransi antar umat beragama, saling menghargai dan dapat menjadi panutan bagi daerah lain dalam membina perbedaan agama dapat menjadi pemersatu kita sebagai Bangsa Indonesia yang terpatri dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” ucapnya.
Dikesempatan itu Pemprov Kalbar menyerahkan bantuan secara simbolis antara lain kepada rumah ibadah masjid, majelis taklim, sertifikat tanah, dan rumah ibadah Gereja.

Kegiatan tersebutjuga diisi dengan tausiyah oleh Ustadz H. Jawani dari Pontianak, buka puasa bersama, kemudian sholat Maghrib berjamaah dan makan malam bersama. Usai makan malam Wagub menuju Masjid Nurul Iman Desa Tanjung Niaga untuk melaksanakan shalat tarawih. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.