Wahana Visi Indonesia Bantu 3 Bersaudara Lumpuh

oleh

SEKADAU – Wahana Visi Indonesia (WVI) Kantor Operasional Kabupaten Sekadau, turut membantu tiga bersaudara yang lumpuh asal Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman.

Saat ini tiga bersaudara pasangan Srimancong dan Ana Saleh dirawat di RSUD Ade M Djoen Sintang.

Erni Damanik, Manager WVI Kantor Operasional Sekadau menuturkan, pihaknya dalam hal ini bertindak sebagai organisasi masyarakat mendukung pemerintah.

“Mereka sudah terdaftar sebagai penerima bantuan iuran BPJS kesehatan. Artinya bahwa, jaminan kesehatan fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang, iurannya dibayar pemerintah,” ucapnya.

Ia katakan, dua anak Srimancong yang masih dibawah umur yakni, Marianus (10) dan Apri Lio Dominikus (5) merupakan anak yang terdaftar sebagai wakil anak WVI. Oleh sebab itu, pihaknya mendukung usaha keluarga tersebut untuk mendapatkan pengobatan yang lebih lanjut.

Oleh petugas kesehatan Puskesmas Nanga Taman merujuk ke RS Sintang. Dalam hal ini pihak WVI membantu memastikan transportasi mereka ke Sintang serta membantu mereka mendapatkan informasi medis tentang perawatan anaknya,” ujarnya

Lebih lanjut Erni mengatakan, untuk pembayaran pengobatan keluarga Srimancoong adalah penerima bantuan iuran BPJS kesehatan.

“Sehingga, biaya pengobatan tersebut ditanggung oleh PJS selama pengobatan masih menggunakan obat generik,” paparnya.

Selain itu, masyarakat yang ada ada di Desa Meragun juga menyatakan ikut saling membantu. Ini adalah sebagai bentuk risiliensi masyarakat yang baik,” imbuhnya. (AS /KN)