Wakil Bupati Aloysius Tinjau Lokasi Banjir Jalan Abadi Sekadau

oleh

SEKADAU – Banjir di Jalan Abadi Bersama Desa Mungguk Sekadau menyebabkan beberapa rumah di sekitar depan Jalan Abadi tergenang banjir. Memang, setiap kali hujan lebat jalan ini selalu tergenang banjir karna airnya tidak bisa keluar ke jalan negara drainase sumbat.

Anong, salah satu pemilik rumah di Jalan Abadi katakan, sekitar jam 11 malam ketika hujan, banjir dirumahnya sebatas paha orang dewasa. Bukan cuma rumahnya, rumah warga yang lain ada 10 rumah dibelakang rumahnya juga tergenang banjir,” ujar Anong, Sabtu (24/3/18).

Mendengar berita banjir tersebut Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH, M. Si langsung menelpon Dinas BPBD dan PU Kabupaten Sekadau untuk berkoordinasi dengan PU Provinsi serta memantau kelapangan dan menangani banjir tersebut.

Aloysius katakan, banjir di Jalan Abadi Bersama bukan banjir karna hujan biasa tapi karna luapan air danau yang tidak jauh dari jalan tersebut karna drainase jalan negara tersumbat.

“Saya minta kepada Dinas PU Provinsi supaya mengangarkan pembuatan drainase karna selama ini hanya pemeliharaan jalan saja tidak ada pemeliharaan drainase,” ucap Aloysius.

Selain itu, ia akan meminta bantuan kepada pihak PDAM Sekadau untuk membuka saluran pembuangan air tersebut dengan menggunakan exafator dan bekerja sama dengan BPBD Sekadau.

Selang waktu yang tidak lama setelah ditelpon oleh Wakil Bupati, Tim BPBD dan Dinas PU Sekadau langsung datangi lokasi banjir tersebut.

Wakil DPRD Kabupaten Sekadau, Handi bersama Sekda Kabupaten Sekadau, Zakaria Umar juga memantau langsung lokasi banjir tersebut. Handi, apresiasi dengan Dinas PU dan BPBD kabupaten Sekadau yang bekerja sama dengan beberapa anggota Kepolisian.

“Semoga banjir di Jalan Abadi Bersama ini secepatnya ditemukan penyelesaiannya,” kata Handi.

Untuk mengurangi genangan banjir, Tim BPBD menyedot air dengan menggunakan mesin Robin yang dibantu oleh beberapa anggota Polres Sekadau. (AS /KN)