Wakil Bupati Sekadau Aloysius Buka Kegiatan Gemar Makan Ikan

SEKADAU – Dukungan Forikan Provinsi Kalbar dalam rangka peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Sekadau tahun 2018 Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalbar digelar di SD 26 Mondi desa Mondi Sekadau Hulu, Selasa (14/8/18).

Sambutan Camat Sekadau Hulu, Yangsun, S. Sos
mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati beserta rombongan yang sudah berkenan hadir dalam acara ini.

Ia sampaikan, bahwa siswa-siswi SD yang hadir dalam acara ini meliputi 6 (enam) SD yang terdekat dengan tempat acara ini. Dengan adanya kegiatan gemar konsumsi ikan ini diharapkan siswa-siswi SD mengetahui gizi dan manfaat dari mengkonsumsi ikan.

“Biasakan diri berkehidupan yang sehat antara lain, air yang digunakan untuk diminum dan dimasak supaya dijaga kebersihannya sehingga bisa memenimalisir penyakit yang menyerang kita,” ucapnya.

Ketua harian Forikan Kabupaten Sekadau, sekaligus Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sekadau, Sandae mengatakan, kegiatan masyarakat gemar makan ikan setiap tahun dilaksanakan khususnya di Kabupaten Sekadau. karna ini adalah kegiatan nasional.

“Tahun lalu di NangaTaman dan tahun ini di SD 26 desa Mondi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan konsumsi makan ikan pada masyarakat Kabupaten Sekadau, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang gizi kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain untuk meningkatkan gemar makan ikan di Kabupaten Sekadau, juga ada Balai Benih Ikan (BBI) Kemawan dan di Kecamatan Nanga Mahap tepatnya di Nanga Suri. Kemudian, pembentukan UPR 7 unit dan dua diantaranya sudah disertifikasi.

Restocking di sungai-sungai diwilayah Kabupaten Sekadau. Mengekspos acara nanggok bersama. Kegiatan nanggok bersama adalah rutin dilakukan setiap tahun karna merupakan sebuah cara yang tradisional, ramah lingkungan dan tidak merusak ikan,” paparnya

“Terimakasih kepada panitia yang sudah melaksanakan kegiatan kampanye gemar makan ikan ini terutama kepada Kementrian dan Kelautan Provinsi Kalbar,” ucap Sandae.

Sambutan ketua Umum Forikan Kabupaten Sekadau diwakili oleh Ibu Wakil Bupati Sekadau Vixima Heri Supriyanti Aloysius mengatakan,
Ikan sering dikenal makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan manusia terutama diusia dini atau Kanak-Kanak.

Ikan banyak mengandung omega 3. Selain itu, Zat yang terdapat pada ikan tidak mudah dirusak oleh pemananasan. Dalam meningkatkan generasi yang kuat dan sehat kita perlu memberikan gizi yang sehat. Banyak cara yang sudah kita lakukan agar masyarakat gemar makan ikan,” jelasnya.

Secara khusus kata dia, di Kabupaten Sekadau banyak cara untuk meningkatkan masyarakat gemar makan ikan. Maka perlu dilakukan sosialisasi atau kampanye gemar makan ikan.

Laporan pelaksanaan kegiatan Forikan diwakili oleh Kabid Pengolahan dan Pemasaran Produksi Dinas Kelautan dan Perikanan, Mohamad Jauhari mengatakan, salah satu program pemerintah adalah meningkatkan konsumsi ikan nasional, meningkatkan pendapatan nelayan.

Ucapan terimakasih kepada Ketua umum Forikan yang mendorong sinergi opran dan kegiatan gemar ikan di Kalbar, kampanye kepelosok desa. Sehingga kami percaya tanpa adanya dukungan semua pihak, angka konsumsi ikan sulit mengalami peningkatan yang signifikan yaitu, pada tahun 2019 hanya 24 kilogram per kapita per tahun dan tahun 2017 telah mencapai 38,91 kilogram per kapita per tahun.

Sambutan Ketua umum Forikan Kalbar
Diwakili H Dra. Urai Titin Wiswati, M.Si menuturkan, Kabupaten Sekadau berdasarkan data yang didapati mencapai 29,11 per kapita per tahun.

“Mari kita sama-sama mensosialisasikan agar masyarakat gemar makan ikan. Teritama si Kabupaten Sekadau,” ajaknya.

Dalam rangka kegiatan gemar konsumsi ikan perlu dikembangkan berbagai kegiatan promosi, peningkatan konsumsi ikan yang menitikberatkan pada penyampaian komunikasi informasi dan edukasi tentang ikan dan manfaatnya bagi peningkatan dan kecerdasan yang salah satunya melalui program Gemari yang diwadahi dalam Forikan,” paparnya.

Oleh karna itu kata dia, target dari gemar ikan adalah semua generasi mulai dari anak-anak, ibu rumah tangga bahkan ibu hamil dan ibu menyusui.

Sambutan Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si yang sekaligus membuka acara peningkatan konsumsi ikan mengatakan, saat ini ikan merupakan komunitas pangan yang sangat diminati oleh konsumen. Sehingga diperkirakan tahun kedepan permintaan produk ikan akan terus meningkat.

Ia katakan, banyak faktor yang menyebabkan peningkatan konsumsi ikan antara lain, dengan kita mensosialisasi gemar makan ikan, otomatis masyarakat mengetahuinya dan kemudian dengan meningkatnya jumlah penduduk.

“Secara umum, konsumsi ikan di Kabupaten Sekadau meningkat setiap tahunnya namun, peningkatan konsumsi ikan tersebut tidak merata disetiap wilayah,” ucapnya.

Untuk daerah perkotaan memang agak meningkat, tetapi di daerah pedalaman agak kurang karna jarak tempuh yang jauh 3-4 jam sehingga ikan yang dijual begitu sampai di kampung atau daerah pelosok sudah tidak segar lagi.

Selain itu, adalah faktor alam atau faktor sungai.
Faktor lain yakni nuba ikan, ini yang harus kita pantau bersama bahwa dengan menuba ikan tidak ada lagi namanya tuba adat. Karna tuba menyebabkan semua ikan besar dan kecil mati.

“Dengan adanya kegiatan gemar makan ikan di Kabupaten Sekadau, dapat menumbuhkan niat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan membangun ekonomi kreatif untuk kemajuan Kabupaten Sekadau yang kita cintai ini,” ucap Wakil Bupati Sekadau, Aloysius.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Forkopimda Kabupaten Sekadau, Forkopimca Sekadau Hulu, Kapolsek Sekadau Hulu, Danramil, Ketua TP PKK Sekadau Hulu, Kades Mondi, Ketua TP PKK Desa Mondi dan Undangan lainnya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.