Warga Serawai Diimbau Waspada Bencana Banjir

SINTANG – Demi keselamatan warganya, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Serawai intens turun langsung ke lapangan untuk mengimbau masyarakat yang tinggal dibantaran Sungai Melawi, agar waspada terhadap naiknya debet air yang bisa terjadi kapan saja.

Hal itu mengingat intensitas air hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang beberapa hari terakhir tinggi, sehingga berpotensi terjadi banjir.

“Akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi, kita berikan imbauan waspada banjir, terutama bagi warga yang berdomisili di pinggiran sungai,” ujar Bhabinkamtibmas Polsek Serawai, Brigadir M Sidik, beberapa hari yang lalu.

Atas kondisi tersebut, sebelum menimbulkan korban jiwa akibat banjir, jajaran Kepolisian Sektor Serawai rutin memberikan imbauan, karena jika melihat cuaca, menurutnya banjir sangat mungkin terjadi.

“Oleh karena itu, kita harus tetap waspada bila turun hujan terus menerus, karena kemungkinan musibah banjir bisa datang kapan saja,” jelasnya.

Terpisah Kapolsek Serawai, Ipda Rahmad Kartono, mengimbau kepada masyarakat setempat yang bermukim dibantaran sungai Melawi agar lebih waspada pada saat musim penghujan tersebut, mengingat meningkatnya debet air dengan intensitas tinggi tidak dapat diduga dan diprediksi.

Dia mencontohkan warga Ambalau korban meninggal dunia akibat terseret arus sungai beberapa waktu lalu dan ditemukan diperairan Serawai, hal itu karena korban tak dapat menyelamatkan diri saat gelombang air datang tiba-tiba naik saat memancing dibantaran sungai.

“Saat musim hujan ini,masyarakat bantaran sungai mesti ekstra hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan serupa,” imbaunya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang yang juga merupakan Dapil Serawai-Ambalau, Sandan meminta masyarakat, baik yang bermukim dibantaran sungai maupun yang di darat untuk lebih waspada menyikapi musim banjir ini.

“Terlebih bagi yang memiliki anak di bawah umur, supaya lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap keselamatan buah hatinya. Jangan dibiarkan main sendirian ditepian sungai, terus awasi mereka,” katanya.

Politisi Partai Gerakan Indonesai Raya (Gerindra) ini juga mengatakan, masyarakat juga jangan panik dengan kondisi intensitas hujan yang tinggi beberapa waktu belakangan ini, yang terpenting harus tetap waspada dan jaga kebersihan agar terhindar dari penyakit yang kerap datang kalau banjir melanda.

“Saya sebagai wakil rakyat mengingatkan warga kita yang di Serawai-Ambalau waspada menjadi kunci utama, kesehatan juga harus diperhatikan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.