Warga Sungai Nangka Butuh Air Bersih

MELAWI – Desa Domet Permai khususnya Dusun Sungai Nangka berada di wilayah perhuluan sungai Melawi yang masuk wilayah Kecamatan Ella Hilir. Di Desa tersebut, warga merasa kesulitan mendapatkan air bersih untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang disampaikan Zamad Ramlan selaku Tokoh masyarakat yang juga Mantan Kadus Sungai Nangka desa Domet Permai. Ia mengeluhkan bahwa masyarakat harus mengambil air bersih di Sungai Nuak, yang mana jaraknya sekitar 7 kilometer dari perkampungan.

“Dari pemerintah Kabupaten maupun dari Pemerintah Desa belum pernah masuk proyek pipanisasi air bersih ke Dusun ini. Kalau janji janji pada saat pemilu sangat banyak, namun hingga saat ini realisasi ya nol. Ini yang membuat kami sangat kesal dan menyesal memilih para pemberi janji palsu itu,” katanya saat dijumpai di desanya belum lama ini.

Zamad mengatakan, selama ini untuk minum masyarakat mengandalkan air bersih dari Sungai Nuak. Namun harus mengangkut ya menggunakan motor, karena jaraknya jauh. Sementara jika masyarakat ingin membuat lipanisasi secara pribadi, karena jaraknya jauh maka harus mengeluarkan biaya cukup besar.

“Jaraknya saja sudah 7 kilo dari desa. Memang Dusun kami dekat dari Sungai Melawi, namun air Sungai Melawi tidak bisa digunakan sebagai air minum, karena keruh dan kotor. Selain mengandalkan air Sungai Nuak, warga juga memanfaatkan air hujan. Namun kalau musim kemarau masyarakat terpaksa harus berbondong-boondong ke sungai tersebut,” ucapnya.

Zamad berharap pemerintah bisa segera membuat proyek atau pipanisasi air bersih ke kampungnya.” Kita berharap ini bisa direalisasi Pemkab. Kita sering mengajukan ke desa, namun memang tidak ada perhatian. Padahal itu kebutuhan pokok masyarakat,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.