Welbertus: Toleransi Modal Ciptakan Situasi Aman dan Damai

SINTANG – Dalam kehidupan masyarakat Indonesia, kerukunan hidup antar umat beragama harus selalu dijaga dan dibina. Dengan keadaan seperti itu, hidup damai dan berdampingan tentu dibutuhkan toleransi satu sama lain.

Toleransi adalah perilaku terbuka dan menghargai semua perbedaan yang ada. Toleransi juga berari menghormati dan menghargai serta belajar dari orang lain. Menghargai perbedaan, menjembatani kesejangan budaya, sehingga tercapai kesamaan sikap dan toleransi.

Dalam setiap perayaan hari besar keagamaan diharapkan setiap orang mampu menghargai satu sama lain dan terus memupuk toleransi bagi sesama umat, Toleransi kita kepada setiap pemeluk agama adalah modal dalam kita menciptakan situasi aman dan damai.

Negara Indonesia telah menjamin serta melindungi setiap warganya apapun agama dan kepercayaannya yang telah diakui Undang-undang patut menghargai, demikian diungkapkan Anggota DPRD Sintang, Welbertus beberapa hari yang lalu.

Lanjut politisi PDI Perjuangan ini, disaat umat muslim merayakan hari besar mereka, sudah sepatutnya kita menghargainya begitu juga saat umat lainnya saat merayakan hari besar keagamaan, kita harus saling menghargai.

“Disitulah letak keanekaragaman Indonesia yang harus tetap di hargai walau Berbeda-beda tetapi tetap satu, seperti yang tertulis jelas “BHINEKA TUNGGAL IKA” dan Terdapat di Sila ke 5 yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Oleh sebab itu ketika ada yang janggal, kita tidak boleh gegabah dalam menyikapi sesuatu, apalagi jika itu berkaitan dengan Keyakinan, Suku dan Ras dan Agama, karena dapat mengundang reaksi yang luar biasa, kata Welbertus.

Welbertus berharap, mari kita jaga perdamain di bumi nusantara ini, dan saya yakin jika kita bersatupadu dan saling menghargai satu sama yang lain, saya yakin tak seorangpun yang bisa menghancurkan NKRI dan NKRI harga mati, pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.