Widya Pimpin Rapat Internal Pembentukan Fraksi DPRD

Melawi (Kalimantan-News) – Anggota DPRD Melawi menggelar rapat internal pembentukan fraksi-fraksi, di ruang rapat DPRD Melawi, Senin (16/9). Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Sementara, Widya Hastuti dan dihadiri seluruh anggota DPRD. Kegitan itu merupakan salah satu tugas yang diemban pimpinan sementara yakni memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Melawi. Pembentukan fraksi-fraksi tersebut merupakan salah satu alat kelengkapan DPRD, selain pembentukan komisi serta yang lainnya.
Widya mengatakan, sebelumnya Sekwan telah menyurati masing-masing Partai untuk menentukan nama Fraksi. Sehingga untuk menindaklanjuti Surat tersebut. Maka dilakukanlah rapat internal tersebut. “Setelah dilaksanakan rapat ini, masih ada dua partai yang belum menyerahkan nama fraksinya,” ujarnya.
Ia menjelaskan, rapat akan dilanjutkan beberapa hari kedepan untuk segera menetapkan melalui sidang paripurna terkait nama fraksi, keanggotaan di fraksi yakni untuk jabatan ketua, wakil ketua, dan sekretaris di masing-masing fraksi. “Fraksi diberikan waktu beberapa hari kedepan untuk menyampaikan kepada kita dan segera kita paripurnakan. Nantinya kita lihat siapa yang jadi ketua, wakil ketua dan sekretaris,” tandasnya.
Widya sendiri saat ini masih berstatus Ketua DPRD sementara. Sehingga Ia belum bisa melaksanakan tugas sepenuhnya, seperti menyelesaikan agenda kedewanan yang belum tuntas. Tugas sebagai pimpinan sementara lebih pada mempersiapkan pembentukan alat kelengkapan dewan seperti pembagian anggota dalam komisi-komisi, badan legislasi, badan anggaran serta badan musyawarah. Selain itu juga memimpin persidangan dan rapat DPRD, dan memfasilitasi rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib.
Namun begitu, Wanita yang menjadi pengisi hati dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, dr. Ahmad Jawahir itu, juga akan menempati posisi ketua DPRD definitip. Dimana Ia sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan DPP NasDem dan dilayangkan ke DPW. Diketahui, Partai NasDem ini sukses meraih 6 kursi di Pemilu 2019, sehingga berhak menduduki kursi pimpinan DPRD Melawi.
Widya Hastuti merupakan seorang wanita yang pada Pemilu 2019 lalu, meraih suara terbanyak dari semua anggota DPRD Melawi dari partai NasDem. “Ya benar, SK penunjukan saya sebagai Ketua DPRD Melawi yang dikeluarkan DPP sudah saya ambil di DPW NasDem Kalbar,” ungkapnya mengakhiri. (ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.