WVI Dan KOMPAS Hearing Dengan Komisi III DPRD Kabupaten Sekadau

SEKADAU – Wahana Visi Indonesia (WVI) proyek yang didanai oleh Uni Eropa, lewat “Proyek Pemberdayaan Organisasi Masyarakat Sipil untuk Pengembangan Kabupaten Layak Anak” menginisiasi Koalisi Organisasi Masyarakat Peduli Anak Sekadau (KOMPAS) hearing dengan Komisi III DPRD Kabupaten Sekadau diruangan Pimpinan DPRD Sekadau, Selasa (31/7/18).

Pendekatan yang dilakukan oleh KOMPAS adalah dengan memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau.
Rekomendasi ini datanya diambil dari konsultasi publik di Kecamatan Nanga Taman, Belitang Hilir, Sekadau Hilir dan pendekatan Citizen Voice and Action (CVA) di 15 Desa dari 3 kecamatan diatas.

Salah satu penyampaian rekomendasi ini adalah dengan Hearing dengan DPRD Kabupaten Sekadau secara khusus Komisi lll karena KOMPAS saat ini masih fokus di Klaster Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan KLA.

Ketua Komisi DPRD Kabupaten Sekadau Herculanus mengatakan, sangat mendukung semua kegiatan dan program – program dari WVI ini terutama yang berkaitan dengan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Karna kata dia, program dari WVI dan KOMPAS yakni program Kabupaten Layak Anak ini berkaitan dengan kesehatan, Posyandu anak, balita dan lansia termasuk kesehatan Ibu dan anak.

Selain itu kata Herculanus, agar kedepan KOMPAS harus dipatenkan supaya wewenang Pemerintah Daerah dalam menganggarkan seperti dana Bansos lebih kuat.

“Kalau bisa untuk kedepan agar dari WVI dan KOMPAS supaya memetakan atau mengutamakan desa tertinggal. Karna pada desa tertinggal sudah tentu banyak permasalahan pada anak-anak termasuk kekurangan gizi dan masalah pendidikan,” ucap Herculanus yang juga anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi PDIP dapil III.

Ia meminta agar pada tahun 2019 mendatang supaya pihak Legislatif dan Eksekutif membuat Perda tentang Kabupaten Sekadau Layak Anak. Mengingat, dinas yang berkaitan dengan KLA ini cukup banyak antara lain, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Disporapar dan Dinas Kearsipan.

“Saya berharap agar kedepannya dari WVI dan KOMPAS alangkah lebih baik bila bisa menggandeng pihak Perusahaan Swasta apalagi Perusahaan yang mempunyai CSR. Kemudian agar menggandeng pihak Kecamatan bahkan sampai ketingkat RT,” harapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Hanura dapil II, Servasius Selasio, SE juga berharap agar dinas-dinas terkait secepatnya dapat berkoordinasi untuk mensukseskan program Kabupaten Sekadau Layak Anak.

Selanjutnya kata dia, agar bisa bekerjasama dengan WVI dan KOMPAS dalam melaksanakan program Kabupaten Sekadau Layak Anak. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.