Yasser: Ibu-Ibu PKK Dapat Mengimplementasikan 10 Program Pokok PKK

oleh
oleh

SINTANG, KN – Mewakili Bupati Sintang, Jarot Winarno, Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat menghadiri pelantikan dan serah terima jabatan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan se-Kabupaten Sintang yang dilantik langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupatne Sintang, Rosinta Askiman, di Balai Pegodai, Rumah Dinas Jabatan Wakil Bupati Sintang, pada Kamis, (09/01/2020).

Dalam sambutan Bupati Sintang, yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat mengucapkan selamat kepada pengurus TP-PKK Kecamatan yang baru dilantik.

“Dengan dilantiknya ini harapan saya agar ibu-ibu dapat mengemban tugas yang dipercayakan dan dapat bekerja dengan optimal”, kata Yasser Arafat.

Menurut Yasser, bahwa didalam program kerja pokok PKK itu ada 10 program pokok, dengan 10 program tersebut haruslah disesuaikan dengan situasi terkini.

“10 program pokok PKK ini disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kemampuan yang ada, sehingga tidak ada paksaan melainkan menimbulkan kesadaran dalam membangun dirinya dan daerahnya”, ucapnya.

Namun demikian, sambung Yasser bahwa dengan 10 Program Pokok PKK harus bisa menjawab tantangan bagaimana cara mengimplementasikannya.

“kita harus paham bagaimana cara menerapkannya agar dapat menjadi keluarga yang sejahtera, hal ini diperlukan pemahaman, perencanaan yang matang, kepemimpinan yang efektif dan kompetensi para pengurus untuk menjadi syarat mutlak, kalau sudah semuanya, maka keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan yang sejahtera dan harmonis” harapnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Rosinta Askiman, mengatakan bahwa peran PKK sangatlah penting dalam masalah pemberdayaan ekonomi keluarga.

“PKK merupakan gerakan yang muncul dari bawah dengan wanita sebagai penggeraknya, yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga sejahtera, keluarga mampu menciptakan kesadaran keserasian dan keseimbangan”, kata Rosinta.

Rosinta meminta kepada para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang baru dilantik agar dapat meneruskan program serta visi misi PKK Kabupaten.

“lanjutkan tugas untuk mewujudkan visi gerakan PKK, melaksanakan 10 Program pokok PKK, fokus kepada program-program yang telah ditetapkan sebagai upaya memajukan organisasi yang dinaungi serta dapat melaksanakan program kerja dengan baik”, pintanya.

Selain itu juga, Rosinta berharap dengan dilantiknya ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang baru ini dapat membaur bersama masyarakat diwilayahnya masing-masing.

“Ketua PKK yang baru, dapat membaur baik bersama anggota maupun hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan amal baktinya dan berupaya mendorong peran aktif kader-kadernya dalam membantu Pemerintah Daerah memberdayakan masyarakat serta memajukan daerah”, harap Rosinta.(DC)