Ajak Rakyatnya Lestarikan Adat Istiadat

oleh
oleh

SINTANG, KN – Wakil Bupati Sintang Sudiyanto mengajak masyarakat Tempunak Hulu untuk tidak melupakan adat istiadat yang sudah dipelihara sejak nenek moyang dahulu.

Hal itu disampaikan Sudiyanto ketika menghadiri acara Pelantikan Temenggung dan Tungkat Temenggung Tempunak Hulu (Nemar ke Jenang) serta Pelantikan Ketua Adat Tingkat Desa Jaya Mentari  di Dusun Serpang Desa Jaya Mentari Kecamatan Tempunak, Senin (28/6/2021).

Ia mengatakan, tumenggung selain bertugas menjadi hakim yang memutus perkara adat. Tugas lainnya adalah menjaga adat istiadat, seni dan budaya kita. “Contoh, permainan tradisional yang ada di Tempunak Hulu juga kalau bisa, ya dijaga dan dilestarikan. Seperti pangkak gasing dan yang lain,” ucapnya.

Ia mengakui, ketiga orang yang baru dilantik ini, tidak bisa bekerja sendiri dalam menjaga seni budaya ini. Maka perlu bekerjasama dengan pihak lain, bentuk tim yang kuat. Ada yang bertugas mengurus kesenian, budaya dan adat istiadat.

“Kami Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang merasa sangat terbantu dengan adanya para temenggung ini. Kedepan, bila ada kasus yang terjadi di wilayah Tempunak Hulu ini, dengan kebijaksanaan dan kearifan lokal, bisa diselesaikan oleh Temenggung Tempunak Hulu,” tambah Sudiyanto.

Dikesempatan itu, Sudiyanto mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Temenggung, Tungkat Temenggung Tempunak Hulu dan Pelantikan Ketua Adat Tingkat Desa Jaya Mentari.

“Menurut saya, tugas ketiga orang ini kedepan cukup berat. Bekerjalah dengan penuh tanggungjawab. Tugas salah satunya adalah menjadi hakim saat memutuskan hukum adat di sini. Bila ada masalah di tingkat desa yang ada di Tempunak Hulu, ya selesaikan oleh Temenggung tingkat desa. Bila Temenggung Desa tidak mampu baru naik ke Temenggung Tempunak Hulu. Tidak ada yang susah kalau kita ingin mempermudah dalam menyelesaikan masalah yang ada. Bahwa di tengah masyarakat ada masalah ke depannya, itu sangat wajar. Karena kita ini manusia biasa dan jumlahnya pun banyak. Fungsikanlah dengan baik tugas dan fungsi temenggung ini” pesan Sudiyanto. (*)