Akan Berubah Status Akper Sintang Mewisuda Terakhir Kali

oleh
oleh

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno, menghadiri acara wisuda Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Gedung Pancasila Sintang, Rabu (25/09/2019).

“saya merasa harus hadir di acara wisuda Akper ini, dimana wisuda ini juga merupakan wisuda yang terakhir dan Akper ini memiliki sejarah panjang di Sintang, Secara pribadi saya cukup terlibat sejak awal berdirinya Akper Sintang,” kata Jarot.

Menurut Jarot, kilas balik keberadaan Akper ini, tujuan awal untuk mengatasi kebutuhan tenaga kesehatan di kampung-kampung yang di Sintang, Akper ini mengcover para peminat praktisi kesehatan dari kabupaten Sintang, Melawi, Sekadau dan Kapuas Hulu, jelas Bupati Sintang yang juga bergelar dokter.

Setelah menjelaskan kilas balik berdirinya Akper di Sintang, ia juga mengingatkan kepada para wisudawan wisudawati agar dapat mengurus surat-surat yang diperlukan.

Jarot menjelaskan, ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para lulusan dalam memasuki dunia kerja, ada persaingan kompetensi baik dari sesama alumni akademi keperawatan lainnya maupun dari luar daerah. Hal ini perlu disikapi dengan menunjukkan kemampuan yang mumpuni dan sikap profesional.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sintang menyerahkan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik. Pada momen wisuda terakhir ini, lulusan Akper terbaik diraih oleh Oktavia Milna Herlina dengan IPK 3,63.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Agus Hariono mengatakan dengan situasi jaman sekarang memerlukan tingginya tingkat kesadaran dalam belajar.

Akper senantiasa berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusianya baik tenaga pengajar dan mahasiswaan. Ada 3 hal yang sangat ditekankan dalam proses belajar di Akper Sintang ini, sikap pengetahuan dan ketrampilan keperawatan.

“Ini merupakan wisuda yang terakhir, Karena untuk selanjutnya, status institusi masih dalam proses perubahan di tingkat pusat,” tambahnya.

Agus menjelaskan wisuda ini diikuti oleh 26 wisudawan dan 29 wisudawati, Akper Sintang telah meluluskan 1.452 alumni, terang Agus. (*)