Anggota Polsek Kelam Permai, Cek Hotspot di Desa Sepan Lebang

oleh

SINTANG, KN – Dalam upaya meningkatkan pengawasan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) PS. Kanit Reskrim Polsek Kelam Permai, Aipda Lumkan Hidayat dan Bhabinkamtibmas, Bripda Ariyadi melakukan patroli dan pengecekan titik hotspot di Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang, Selasa (11/08/2020) kemarin.

“Kegiatan patroli dan pengecekan titik hotspot merupakan upaya pengendalian karhutla karena menurut informasi aplikasi lancang kuning ditemukan adanya titik api dengan koordinat 0° 10′ 4.08” N, 111° 49′ 28.27” E (0.1678,111.82452) di Desa Sepan Lebang,” ujar Aipda Hidayat.

Setelah dilakukan patroli pengecekan Hotspot di seputaran kebun masyarakat yang terletak di Desa Sepan Lebang personil Polsek Kelam Permai tidak menemukan titik api (hotspot) dilokasi koordinat tersebut.

Selain melakukan patroli, personil juga melakukan koordinasi dengan masyarakat. Selain itu disampaikan pula himbauan kepada masyarakat agar saat membuka lahan dengan cara membakar masyarakat harus memperhatikan aturan yang berlaku.

Kapolsek Kelam Permai, Iptu Eko Supriyatno, SAP.MAP menyampaikan bahwa pihaknya sudah mensiagakan personil untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan warga termasuk kesigapan untuk turun mengecek titik api.

“Dengan adanya Patroli dan pengecekan titik hotspot lokasi yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dapat dipetakan sebagai upaya pengendalian karhutla dengan mengedepankan upaya pencegahan yang harus dilakukan sejak dini, sebelum kebakaran terjadi,” tutur Iptu Eko. (Pnc)