Anum Janji Bantu Percepatan Vaksinasi di Sintang

oleh
oleh

SINTANG, KN – Ketua Koordinator Percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk Wilayah Kabupaten Sintang Ir. Florentinus Anum, M. Si yang juga Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar menjanjikan akan membantu Kabupaten Sintang dalam mempercepat capaian target vaksinasi covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Florentinus Anum saat berkunjung ke Kabupaten Sintang pada Kamis, 30 September 2021.

Anum memaparkan penugasan timnya di Kabupaten Sintang berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH. M. Hum yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Barat Nomor: 435 / DINKES /2021 tanggal 22 September 2021 Tentang Koordinator Percepatan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Wilayah Kabupaten Mempawah, Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang Dan Kabupaten Landak Dan Tim Percepatan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten/ Kota Di Provinsi Kalimantan Barat.

“berdasarkan SK Gubernur Kalbar tersebut, kami melakukan kunjungan atau peninjauan pada pelaksanaan vaksinasi dan melakukan rapat koordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sintang. Kami ditugaskan Bapak Gubernur untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sintang” terang Anum.

Lanjut mantan Pj Bupati Sintang ini, tim kami melakukan dua agenda kegiatan, pertama melakukan kunjungan atau peninjauan pelaksanaan vaksinasi di SMK Negeri 1 Sintang, dan kedua memimpin rapat koordinasi percepatan vaksinasi Kabupaten Sintang di Pendopo Bupati Sintang.

“Vaksinasi di SMK Negeru 1 Sintang kami lihat berjalan dengan lancar dan sebanyak 1.700 siswa siswi berhasil di vaksin, kemudian pada kegiatan rapat koordinasi di Pendopo Bupati Sintang, kita membahas beberapa poin strategis yang harus di laksanakan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Sintang dalam mendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sintang. Seperti yang kita ketahui bahwa total target sasaran vaksinasi di Kabupaten Sintang adalah 298.511 orang, dan dengan target vaksinasi harian adalah 3.854 orang per hari” tambah Anum.

oleh karenanya, untuk mencapai target perlu strategi khusus seperti pemetaan target atau sasaran strategis kegiatan vaksinasi, fasilitasi dan motivasi tenaga vaksinator yang tersebar di wilayah Kabupaten Sintang yang jumlahnya sangat cukup dan memadai, penetapan tim pengamatan dan pengawalan ketersedian stok dosis vaksin yang terukur dan mengajukan usulan secara tertib kebutuhan vaksin ke provinsi maupun pusat. Menjadwalkan distribusi vaksin secara tepat waktu ke kabupaten dan puskesmas-puskesmas yang menjadi titik kegiatan vaksinasi. Memastikan ketersediaan vaksin yang disesuaikan dengan target atau sasaran maupun jadwal kegiata vaksin di titik titik strategis yang sudah di tetapkan.

“saya juga masih memandang perlunya dilakukan sosialisasi pentingnya vaksin kepada masyarakat agar mereka mau dan menyadari pentingnya vaksinasi dimasa pandemi covid-19 ini. Dengan demikian total target sasaran 298.511 orang dan target sasaran harian 3.854 orang per hari akan dapat tercapai dengan tepat waktu. Kita akan melakukan evaluasi secara periodik untuk memastikan upaya percepatan kegiatan vaksinasi di Kabupaten Sintang dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah di targetkan. Kalau ada kesulitan soal ketersediaan vaksin, segera laporkan kepada kami, dan Koordinator Percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk Wilayah Kabupaten Sintang akan siap membantu mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan suplai vaksin dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Sintang” tegas Anum. (Rl)