Apel Awal Tahun, Bupati Minta Pimpinan OPD dan Staf Optimis Dalam Bekerja

oleh
Bupati Sintang, Jarot Winarno

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno,  memimpin pelaksanaan apel awal tahun dan silaturahmi Natal 2020 untuk kalangan Aparatur Sipil Negara ( ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. Apel awal tahun tersebut dilakasanakan di halaman Kantor Bupati Sintang, Senin (18/1/2021).

Hadir dalam apel awal tahu  tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah,  Staf Ahli Bupati Sintang, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kasubbag dan staf di jajaran Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Dalam amanahnya Bupati Sintang menjelaskan tema perayaan Natal tahun 2020 mengambil tema, “Dan Mereka Akan Menamakan DIA Imanuel”.

“dalam iman kristiani, istilah Imanuel bermakna Tuhan beserta kita. Artinya, umat kristiani diberikan pengharapan baru di saat masalah atau cobaan menghampiri. Tuhan adalah sumber pengharapan yang tak pernah habisnya. Kekuatan dan sukacita yang Tuhan berikan, sudah sepatutnya membuat kita selalu bersabar saat menghadapi masalah atau cobaan hidup. Yakinlah Tuhan tak akan pernah meninggalkan kita, sebab kasihnya pada manusia tak pernah habis dan berakhir” terang Bupati Sintang.

Lanjut bupati, pada perayaan Natal tahun 2020, umat kristiani harus menahan diri tidak bisa bertemu secara tatap muka dengan saudara-saudari seiman. Hal ini dikarenakan kita masih berjuang menghadapi pandemi covid-19. Namun sukacita natal tidak pernah redup, karena jiwa umat krisitiani diwarnai oleh spirit Imanuel, yaitu kasih Tuhan terasa amat dekat dihati dan pikiran umat kristiani.

“Disnilah pesan natal harus ditangkap oleh seluruh ASN di Kabupaten Sintang, yaitu menumbuhkan semangat yang senantisa bersama masyarakat. ASN senantiasa memikirkan kepentingan masyarakat, memberikan pelayanan terbaik untuk mereka dan tidak akan meninggalkan masyarakat disaat masalah atau cobaan sedang dihadapi mereka” tambah Bupati Sintang.

Selain itu, Bupati Sintang juga menyampaikan bahwa tahun 2021 yang sudah mulai kita jalani saat ini dengan kondisi postur APBD kita tahun 2021 kurang mengembirakan, karena akibat pandemik covid-19.

“penerimaan daerah terganggu baik dari pajak daerah maupun retribusi daerah serta penurunan anggaran terutama dana transfer ke daerah dari pemerintah pusat. Dalam kondisi seperti ini, kita harus selektif dan melakukan efisiensi yang ketat terhadap alokasi belanja daerah. Fokus kita harus membantu menggerakkan perkonomian daerah dan mengendalikan penyebaran covid-19” pesan Jarot.

“Oleh karenanya, dalam apel awal tahun 2021 ini, saya meminta kepada pimpinan OPD seluruh staf untuk tetap optimis dalam bekerja. jangan patah semangat, terus memanfaatkan peluang yang ada dan jangan kendor memberikan pelayanan publik yang terbaik. dalam kondisi seperti ini, determinasi kegiatan pembangunan kita harus diperkuat. saya minta semua pimpinan OPD mempercepat pelelangan kegiatan pembangunan yang berdampak besar bagi masyarakat. anggaran di semua OPD harus cepat mengucur ke masyarakat untuk menggerakan perekonomian daerah kita” pesan Bupati Sintang. (SS)