Awal Juli, Kaltim Exhibition di Yogyakarta

oleh

KALTIM, KN – Mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke Kaltim, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Kaltim. Seperti even Kaltim Exhibition 2022.

Program ini dikoordinasikan oleh Kantor Badan Penghubung Kaltim di Jakarta melalui Pengelola Anjungan Kaltim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Insyaallah, awal Juli digelar. Dipusatkan di Daerah Istimewa Yogyakarta,” sebut Kepala Kantor Badan Penghubung Kaltim Raihan Fida Nuzband didampingi Pengelola Anjungan Yuli, kepada Tim Publikasi Biro Adpim Setdaprov Kaltim usai rapat persiapan Kaltim Exhibition 2022, Anjungan Kaltim di TMII, Jumat 20 Mei 2022.

Menurut Fida, program ini sebagai wujud mendukung promosi potensi wisata Benua Etam. Apalagi, Kaltim telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN), tentu perlu banyak promosi.

Artinya, promosi ini memicu tingkat kunjungan wisatawan semakin meningkat, dampaknya pertumbuhan ekonomi masyarakat juga membaik.

“Makanya, Yogyakarta kita pilih, sebab daerah ini masih menjadi pusat kunjungan terbaik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sehingga, melalui program ini, Kaltim juga menjadi perhatian mereka,” jelasnya.

Selama kegiatan ini, peserta dari kabupaten dan kota menampilkan kebudayaan masing-masing. Mulai kesenian, booth terdiri 10 unit yang merupakan perwakilan dari kabupaten/kota se Kaltim.

Kaltim Exhibition dilaksanakan Dispar Provinsi, Disperindag dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Spesifikasi booth yang akan disiapkan, berukuran 3×3 meter. Waktu pameran selama satu hari. Peserta pameran tidak dikenakan biaya.

Sementara pertunjukan seni oleh UPTD Taman Budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi. Contoh pertunjukan seni dari UPTD Taman Budaya, berupa Tarian Batu Yupa (Unmul), Burung Enggang dari Entertainment, tari dari Penajam Paser Utara bertemakan kekuatan burung dan tarian dari Kutai Timur (Dewi Timur).

Rapat dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi dan kabupaten/kota, Dinas Pariwisita provinsi dan kabupaten/kota UPTD Taman Budaya Provinsi Kaltim, Dinas Perindagkop UKM provinsi dan kabupaten/kota, Dinas Pangan TPH Kaltim, Biro Adpim Setda Provinsi Kaltim dan Bank Kaltimtara. (jay/her/yans/adpimprovkaltim)