Babinsa dan PPL Pasiran Ajak Petani Gunakan Sistem Ubinan

oleh

SINGKAWANG, KN – Dalam rangka untuk mengetahui hasil petani dalam panen padi di wilayah binaan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pasiran, Koramil 1202-11/Singkawang, Sertu Suhardi S bersama PPL Kelurahan Pasiran melaksanakan kegiatan Ubinan (survei produktivitas tanaman pangan) milik Liu Hoi Khian, kelompok tani Sukses Makmur yang berlokasi di Jln. A Yani 2 Rt 40 Rw 15 No. 56 Kelurahan Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kamis (29/8/19).

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Petugas Pengamat Hama Penyakit, Heriyono dan Manteri Tani KJF BPP Singkawang Selatan, Rahmat.

Hasil ubinan dengan penghitungan 1 Ubinan = 2.5 x 2.5 meter ( 4.6 kg hasil rata2 kg ) dengan luas lahan padi = 0.32 Ha. sehingga pada lahan padi/Sawah di kelompok tani Sukses Makmur dapat menghasilkan padi sekira 4.640 kg setara dengab 6.365 ton dalam 1 ha.

Dengan dilaksanakanya sistem Ubinan tersebut akan dapat diperkirakan secara langsung hasil dari panen padi oleh petani, sehingga hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan dalam mewujudkan swasembada pangan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

Diharapkan dengan turunnya Babinsa bersama PPL dalam pelaksanaan ubinan ini, dapat memberikan motivasi dan semangat tersendiri bagi para petani untuk selalu meningkatkan produktivitas panen padinya. (Pdm)