Bertemu Wabup Sintang dan Ketua DPRD, Ini Uneg-Uneg Tomas Dedai

oleh

SINTANG, KN – Sebanyak lima orang Tokoh Masyarakat (Tomas) Kecamatan Dedai menerima kedatangan Wakil Bupati Sintang Sudiyanto dan Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny di ruang tamu Mapolsek Dedai pada Kamis, 1 Juli 2021.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Dedai H. Agus Hayudin menyampaikan bahwa pemortalan jalan beberapa waktu lalu disebabkan jalan tersebut sudah tidak layak untuk dilalui.

“Cuma itu kemauan masyarakat banyak. Saya sudah berusaha menengahi kondisi ini antara Camat Dedai, Forkopimcam dan pihak perusahaan,” kata Agus.

Pemortalan jalan dilakukan pada Senin, 21 Juni 2021 di Dusun Bejangga Desa Nanga Dedai. Dan portal dibuka pada Kamis, 24 Juni 2021 setelah dilakukan mediasi di Kantor Camat Dedai. Tujuan sebenarnya hanya agar jalan diperbaiki. Saat mediasi di Kantor Camat Dedai, ada 4 poin kesepakatan dengan masyarakat.

“Kedepannya jangan sampai terjadi hal seperti ini lagi. Ada tiga usulan kami. Pertama, titik kerusakan parah pada jalan utama disini, ndak usahlah di aspal, tetapi di beton saja, kami yakin lebih tahan lama. Kalau dana, bisa diambil dari aspirasi 8 orang anggota DPRD Kabupaten Sintang dapil III,” ujar Agus.

Kedua, kata Agus masyarakat minta bebaskan lahan di areal HGU PTPN XIII di Nanga Dedai yang dilihat tanahnya bagus karena terdiri dari pasir dan batu.

“Jadi kalaulah belum bisa di beton, di timbun pakai sirtu ini, kami yakin akan bagus juga. Lahan sirtu ini memiliki luasan sekitar 10 hektar. Sebab pihak perusahaan selama ini mengalami kesulitan soal material penimbunan,” jelasnya.

Ketiga, masyarakat juga minta Pemkab Sintang membentuk Unit Kerja Daerah atau UKD di setiap kecamatan. UKD ini wajib memiliki alat berat yang lengkap untuk memelihara jalan di kecamatan.

“Dengan adanya UKD ini maka di setiap kecamatan ada excavator, dump truk, motor grader dan wales stump. Kami minta pihak perusahan selalu monitor kondisi jalan di sini. Kalau sudah mulai rusak, langsung diperbaiki,” pintanya.

Supardi Tokoh Masyarakat Dedai lainya mengharapkan agar anggota DPRD Kabupaten Sintang bisa membantu penganggaran dana perbaikan jalan di Kecamatan Dedai.

“Paling tidak memperbaiki jalan poros dululah untuk dibantu,” harapnya.

Sementara Muslihin Tokoh Masyarakat Dedai lainnya menyampaikan bahwa pihaknya menjadi tempat warga untuk berkeluh kesah, maka pihaknya wajib menyampaikan aspirasi masyarakat ini.

“Kami ini selalu menjadi tempat curhat warga di sini. Apa-apa keluhan soal pembangunan di sini, mereka sampaikan ke kami,” pungkasnya. (*)