Bhabinkamtibmas dan Babinsa Ujung Tombak Sosialisasikan Karhutla dan Covid-19

oleh

SINTANG, KN – Dalam upaya Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla dan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19, Polres Sintang menggelar rapat bersama Stakeholder guna mencari langkah antisipasi kedepannya yang akan dilakukan.

Dalam rapat tersebut hadir Kapolres Sintang didampingi oleh Dandim 1205 Sintang dan Kepala BPBD serta para perwakilan dari instansi terkait lainnya seperti para Kapolsek, Danramil, Dinas Kesehata, Dinas Sosial dan Manggala Agni Sintang.

Dalam pembahasan tersebut bagaimana langkah penanganan wabah virus Covid-19 dan antisipasi Karhutla dalam memasuki musim-musim kemarau beberapa pekan terakhir ini.

Dalam sambutannya Kapolres Sintang menyampaikan yang pertama terkait upaya yang terus dilakukan oleh masing-masing instansi dalam penanganan Covid-19 selain itu di lain pihak terdapat juga permasalahan mendesak seperti penanganan kebakaran hutan dan lahan yang menjadi kekhawatiran di saat musim-musim kemarau tiba.

“Bulan-bulan ini kita di hadapkan dengan masalah yang cukup pelik diantaranya ada wabah Covid-19 dan juga Karhutla, diharapkan masing-masing pihak dapat kompak dan bersinergi dalam pelaksanaan tugas di lapangan” Ucap kapolres.

Lanjut Kapolres, jika muncul kabut asap di masa-masa pandemi Covid-19 seperti ini, secara tidak langsung kita diterjang dari beberapa sisi sehingga untuk karhutla ini kita harus siapkan langkah antisipasi sedini mungkin dimana untuk bhabinkamtibmas dan babinsa akan jadi ujung tombak dalam mensosialisasikan kepada masyarakat” tambahnya.

Dalam hal ini pihaknya akan mendorong perusahaan yang berada di 14 kecamatan untuk berkejasama dan membantu dalam penanganan karhutla.

“Kepada Kapolsek dan Danramil untuk tidak bosan-bosannya dalam pendisiplinan serta penerapan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat, sehingga untuk penyebaran Covid-19 dapat ditekan” pinta Kapolres.

Kapolres berharap semua pihak dapat selalu bersinergi karena seluruh upaya yang kita lakukan dalam menekan penyebaran Covid-19 itu tidak sia-sia, sekarang kita lihat banyak masyarakat yang sadar akan penerapan protokol kesehatan saat hendak beraktifitas baik itu seperti penggunaan masker, cuci tangan, jaga jarak dan lain sebagainya” Tutup Ventie. (PNC)