BPKP Kalbar Harapkan OPD Sintang Tetap Solid dan Kuat

oleh

SINTANG, KN – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J,  menerima kunjungan kerja Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Dikdik Sadikin, dan jajarannya di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Selasa, 12 Oktober 2021.

Pada pertemuan tersebut, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Dikdik Sadikin memberikan saran dan pendapat dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Sintang sejak perencanaan sampai kegiatan selesai dilaksanakan.

Dikdik Sadikin menyampaikan pihaknya sangat berduka atas berpulangnya Wakil Bupati Sintang dan prihatin juga karena Bupati Sintang yang sedang menjalani perawatan.

“terkait kepemimpinan di Kabupaten Sintang, kami ingin tata kelola pemerintahan tetap berjalan baik dan jajaran di OPD harus lebih solid dan kuat lagi. Saling membantu dan mempertahankan apa yang sudah dicapai selama ini yang mana WTP sudah 9 kali, LAKIP masih bisa ditingkatkan, dan APIP sudah level 3. Kami merupakan pengawas internal yang mulai dari hulu ke hilir, mulai perencanaan sampai evaluasi pertanggungjawaban. Kalau BPK kan pemeriksa, mereka hanya menunggu di ujung. Kalau kami tidak, kami mengawasi sejak perencanaan, kalau kita menunggu di ujung, semuanya bisa terlambat” terang Dikdik Sadikin.

Lanjut Dikdik Sadikin, banyak ASN yang tidak mau terlibat dalam pengadaan dan kegiatan, dulu rebutan, sekarang malah kami lihat ada virus andilau artinya antara dilema dan galau.

“Kami ingin menjamin pelaksanaan kegiatan aman sejak awal. Kalau virus takut dan ragu ini semakin kuat, maka anggaran akan menumpuk di kas daerah, yang rugi adalah masyarakat karena multi player effect dari kegiatan pemerintah tidak jalan. Dana pemerintah tidak mengalir ke masyarakat” jelas Dikdik Sadikin.

“Kalau jajaran Pemkab Sintang ragu, dan ingin konsultasi dengan BPKP Kalbar, kami sangat siap 24 jam memberikan pelayanan konsultasi. Kalau mau tertulis juga bisa, silakan saja. Kami ingin komitmen jajaran Pemkab Sintang untuk menata perencanaan sampai evaluasi dengan baik. Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menjadi perhatian kami” harap Dikdik Sadikin.

Lanjut Sadikin, kita harus membiasakan yang benar, bukan membenarkan yang sudah biasa. Sekali lagi, kami mengharapkan kekompakan dan soliditas jajaran OPD di Pemkab Sintang di saat seperti ini. Dalam melaksanakan kegiatan, pahami aturanya dan resikonya.

Mendengarkan pengarahan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J menyampaian terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada BPKP Kalbar yang sudah memberikan pembinaan, pengarahan dan saran kepada jajaran Pemkab Sintang.

“terima kasih atas kunjungan ke Kabupaten Sintang. Dan kami juga sudah di bimbing dan diarahkan supaya pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Sintang bisa berjalan baik” terang Yustinus. (Rl)