Buka Diskusi Tentang Penanganan Konflik Keagamaan, Ini Harapan Wabup Sudiyanto

oleh
Wabup Sintang, Sudiyanto

SINTANG, KN – Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto menghadiri sekaligus membuka diskusi tentang penaganan konflik keagamaan kanwil kementrian agama provinsi kalimantan barat, di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang, Rabu (24/3/2021).

“Kami sangat menyambut baik kegiatan seperti ini. Kita perlu berdiskusi tentang penaganan konflik keagamaan,” kata Sudiyanto.

Sudiyanto memandang, pemerintah tidak boleh membiarkan potensi konflik agama meluas. Deteksi dini perlu dilakukan semua pihak, untuk mengantisipasi dan meredam konflik di masyarakat.

“Tentu kita tidak bisa membiarkan sesuatu yang sudah dilihat lalu tidak ada upaya dalam mengambil langkah langkah kongkrit serta mencari solusi dari akar permasalahannya. Persoalan seperti ini tidak bisa kita biarkan berlarut larut,” katanya.

Persoalan yang menyangkut agama, menurut Sudiyanto ssangat mudah dibesar-besar. Apa lagi kalau sudah menyangkut persoalan agama yang menganggap paling benar.

“Padahal tidak demikian yang terjadi sesungguhnya,maka untuk itu perlu kita duduk bersama dan kita liat persoalannya seobjektif mungkin lalu carilah solusi yang terbaik bagi kita semua,” haranya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sintang, Anuar Akhmad mengatakan kegiatan diskusi ini dinilai sangat bergharga,karena mencari benang merah dan mencari sulusi dalam persoalan agama yang ada di Kabupaten Sintang ini, agar tercipta persatuan dan kesatuan umat beragama.

“Kegiatan ini dimaksud guna menciptakan kerukunan antar umat beragama yang sering muncul di tengah tengah kita,baik persoalan kerukunan,persoalan persatuan persoalan ukhuah yang ada di kabupaten sintang,” katanya.

Anuar berharap, kegitan diskusi ini dapat mencari solusi bersama persoalan yang sering muncul di masyarakat, baik persoalan agama, maupun berkaitan kebenaran suatu agama dan kekuatan akidah.

“Mari kita sama saling memahami satu dengan yang lain sehingga semua kita di kabupaten Sintang. bekerjasama dalam menjalan kan kehidupan kita sehari tanpa ada penodaan antar suatu kelompok suatu agama dan lain sebagainya,” harapnya.

Turut hadir pada Diskusi tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs,H Ridwansyah,M,Si. Kepala Bagian Tata Usaha Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat H.Rohadi,S.Ag,M,Si. Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat H,Eksan, serta para Tokoh Agama serta tamu undagan lainnya. (GS)