Bupati Buka Workshop Produsen Benih Se Kabupaten Sintang

oleh
oleh

SINTANG – Sebagai upaya meningkatkan kwalitas benih tanaman padi di daerah Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang hari Rabu,14/02/2018 melaksanakan Work Shop Produsen Benih se Kabupaten Sintang Menuju Benih yang Berkualitas dan Memiliki Nilai Ekonomis Yang Tingggi yang secara langsung dihadiri Bupati Sintang Jarot WinarnoDi Balai Ruai.

Pada Kegiatan Work Shop Produsen Benih se Kabupaten Sintang Menuju Benih yang Berkualitas dan Memiliki Nilai Ekonomis yang Tingggi tersebut Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan problem yang dihadapi di daerah saat ini yaitu permasalahan tingkat produktivitas baik Pertanian dan Perkebunan Swadaya masih sangat rendah.

”kalau dilihat dari target hasil produksi pertanian secara nasional rata-rata 6 ton perhektar, hasil produksi pertanian dikabupaten sintang masih kurang yaitu hanya 2 hingga 3 ton perhektar setiap bulannya masih jauh dari target” terang Jarot Winarno.

Bupati Sintang menambahkan dengan hasil Pertanian dan Perkebunan yang masih kurang di daerah ini sangat diperlukan pengkajian yang serius dari dinas terkait. “cari apa penyebabnya, apakah disebabkan kwalitas benih atau bididaya lahan termasuk tanaman yang kurang sesuai dengan kultur kondisi lahan yang ada diwilayah kabupaten Sintang” tambah Bupati Sintang.

Bupati Sintang berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Work Shop Produsen Benih se Kabupaten Sintang Menuju Benih yang Berkualitas dan Memiliki Nilai Ekonomis yang Tingggi ini diharapkan, dapat memberikan solusi sehingga benih yang beredar dan dijual hingga ke tingkat petani di daerah ini memang benar-benar benih berkwalitas dan bersertifikat. Namun dengan harga yang terjangkau sesuai kemampuan para petani di kabupaten Sintang sehingga bisa meningkatkan hasil pertaniannya”tambah Jarot Winarno.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Veronika Ancili menjelaskan maksud tujuan dilaksanakan Work Shop selain sebagai ajang silaturahmi para produsen benih serta meningkatkan pengetahuan bagi para produsen benih baik dari sisi aturan termasuk teknis produksi benih serta mendiskusikan berbagai permasalahan baik teknis perbenihan, mutu dan harga benih.

“kegiatan Work Shop hari ini dihadiri para produsen benih, instansi pemerintah terkait , anggota KTNA, serta menghadirkan Narasumber dari Balai Perbenihan Tanaman Perkebunan (BPTP) Propinsi Kalimantan Barat dan Perwakilan Produsen Benih Perkebunan Kabupaten Sintang” terang Veronika Ancili. (SS)