Bupati Jarot Apresiasi Kodim 1205 Sintang Angkat Sosok Inspiratif Pahlawan Lingkungan dalam Sebuah Buku

oleh
Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan Menyerahkan Buku Mutiara Bumi Senentang Kepada Bupati Sintang, Jarot Winarno

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno meluncurkan buku berjudul Mutiara Bumi Senentang, Kamis kemarin. Buku tersebut merupakan persembahkan oleh Komandan kodim 1205 Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan,

Buku tersebut mengisahkan tentang sosok Adrianus Limbai, petani inspiratif seorang kepala desa di Paoh Benua.

Adrianus merupakan 4 dari kepala desa di indonesia yang mendapat penghargaan dari kementerian keuangan dalam mengelola dana desa dengan baik.

Lebih dari itu, Andrianus Limbai merupakan salah satu petani inspiratif yang mampu belajar secara otodidak,tentang melestarikan lingkungan dengan cara menanam berbagai jenis tumbuhan di desanya.

“Kita tetap memantau petani di Kabupaten Sintang yang mampu melestarikan tumbuhan dan tanaman, upaya dalam menjaga dan melestari lingkungan kawasan hijau dan kita beri penghargaan lingkungan,” kata Jarot.

Jarot menilai, Andrianus Limbai merupakan salah satu petani inspiratif yang mampu belajar secara otodidak,tentang melestarikan lingkungan dengan cara menanam berbagai jenis tumbuhan di lingkungannya.

Adrianus, kata Jarot, selalu belajar melalui siaran radio berbahasa indonesia tentang topik pertanian,yang menjadi minatnya. Apa yang dipelajarinya, kemudian dipraktekan dengan membudidayakan berbagai macam tumbuhan untuk menjaga lingkungan.

“Ini bisa menjadi contoh teladan buat kita semua serta bagi masyarakat dan petani yang ada di Kabupaten Sintang ini,” harap Jarot.

Menurut Jarot, untuk mengangkat herolisme pahlawan lingkungan seperti ini tidak lah mudah. Bahkan,yang sudah diberi penghargaan lingkungan saja belum bisa diangkat jadikan buku dan diangkat ke publik untuk di Ekspos.

“Peran serta Dandim 1205 Sintang yang mampu mengakomodir dan mengangkat kisah seorang petani inspratif melestarikan lingkungan yang kita sebut Legacy. Dalam pencapaian hidup tentu kita perlu warisan yang bisa di jadikan contoh untuk generasi generasi berikutnya kedepan,” ungkap Jarot.

Dandim 1205 Sintang, Letkol inf Eko Bintara Saktiawan menilai sosok Andrianus Limbai baginya sangat unik dalam pemikiran dan gagasannya.

Adrianus, mampu melakukan penelitian mandiri selama puluhan tahun terhadap pohon teratai yang dapat digunakan media cangkok tumbuhan,

“Saya melihat dari hasil penelitian Pak Limbai sejauh ini tidak terekspos sehingga hasil penelitian nya dan ilmu nya tidak bisa kita bagi kepada masyarakat luas,” ujar Dandim.

Dandim merasa, sosok dan pemikiran Limbai perlu diperkenalkan ke khalayak luas. Agar, ilmu dan semangatnya bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam melestarikan lingkungan.

“Banyak sekali ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Semoga buku ini dapat dibaca dan di pelajari bagi masyarakat luas terutama masyarakat Kabupaten Sintang,” harap Eko. (GS)