Bupati Jarot Nyatakan Sintang Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Kalbar

oleh
Bupati Sintang, Jarot Winarno Poto Bersama dengan Panitia Pelaksana MTQ

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno, memimpin rapat dalam rangka asistensi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021 di Kabupaten Sintang, bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kalbar selaku panitia pelaksana provinsi, di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (30/3/2021) malam.

Hadir langsung pada rapat tersebut, Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalbar Andi Musa beserta jajaran pengurusnya, Staf Biro Kesra Pemprov Kalbar, Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Kabupaten Sintang, Anuar Akhmad, Ketua LPTQ Kabupaten Sintang Rasyid, Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat, ormas Islam yang ada di Kabupaten Sintang dan pihak terkait lainnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan secara kesiapan pelaksanan dan fasilitas-fasilitas untuk pelaksana dan lainnya, Kabupaten Sintang sangat siap menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-XXIX Provinsi Kalbar tahun 2021.

“Tentunya kedatangan ketua umum LPTQ Provinsi Kalbar beserta rombongan akan memberikan kepada kami support moral supaya kabupaten sintang ini lebih siap lagi dan awalnya memang ide untuk menjadi tuan rumah itu memang kami minta. Intinya kabupaten sintang sangat siap untuk melaksanakan mtq ini, mudah-mudahan berjalan dengan lancar dan memohon saran dan masukan dari LPTQ provinsi kalbar,” kata Jarot.

Namun, kata Jarot yang menjadi kendala nantinya pada pelaksaannya apakah bisa secara virtual dan faktual pada bulan November mendatang, mengingat saat ini masih di hadapkan pada pandemi covid-19.

“Kita berharap juga pelaksanaannya nanti sudah boleh tatap muka, tapi tentunya kemanusiaan adalah hukum tertinggi, sehingga protokol kesehatan harus tetap kita laksanakan supaya lancar semuanyalah, karena dari 14 kabupaten/kota datang ke sintang nanti, jadi mudah-mudahan semuanya berlangsung dengan lancar,”harap Jarot.

Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalbar, Andi Musa mengharapkan pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021 di Kabupaten Sintang ini harus berkualitas dan bermartabat. Menurutnya pelaksanaan MTQ yang berkualitas itu di pengaruhi beberapa faktor, seperti pengurus LPTQ Provinsi Kalbar, pengurus LPTQ kabupaten/kota se-kalbar, panitia pelaksana MTQ di Kabupaten Sintang, peserta MTQ nya, dewan hakim MTQ nya, sistem pelaksanaan MTQ nya, sarana dan prasarana MTQ nya dan dukungan anggaran pelaksanaan MTQ nya.

“Tolak ukurnya ialah, mtq itu terlaksana dengan baik, aman dan lancar, pelaksanaan mtq sesuai dengan buku panduan mtq, dilaksanakan sesuai jadwal mtq nya dan nanti suskses meraih prestasi pada mtq nasional XXIX di Banjarmasin Kalsel 2022 mendatang,”jelas Purnawirawan Polri ini.

Selain itu, Andi Musa mengingatkan bahwa dalam pelaksaan MTQ di Sintang nantinya, dari segi pengelolan anggaranya harus di kelola dan di pertanggungjawabkan dengan baik, transparan dan akuntabel. Karena jangan sampai nantinya ada pemeriksaan yang tidak bisa pertanggungjawabkan, sehingga pelaksanaan MTQ ini nantinya tidak bermartabat. “Wanti-wanti dari awal kami titip, bahwa penggunaan anggaran tolong di kelola dengan baik, sehingga kita bisa mempertanggungjawabkan anggaran yang diberikan oleh rakyat melalui APBD baik provinsi maupun kabupaten sintang,” pesannya. (GS)