Bupati Jarot Resmikan BI Corner Trail Literasi

oleh

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno mengahadiri peresmian Bank Indonesia (BI) Corner yang dilaksanakan di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sintang, Selasa, (18/2/2020).

Hadir pada kesempatan itu, Kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Bapak Agus Chusaini, Forkopimda, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa Sintang merupakan kabupaten terinflansi nomor 4 se- Indonesia. Penyebabnya adalah dari sembilan bahan pokok terbilang mahal. Namun, dia mengapresiasi dalam menyongsong distruksi teknologi perubahan punda mental dalam sistim kominikasi dan IT internet of ring yang canggih, sehingga dapat merubah dua hal yang bisa merubah cara kerja kita dan merubah gaya hidup.

“Kita mampu menciptakan layanan khusus seperti Anjungan Baca Milenial ini (ABM) dalam rangka pembudayaan kegemaran membaca di kabupaten sintang. Sebab di era digital ini efesien dan priduktif saja tidak cukup, jika mau menang dalam kompetisi kita harus mengalakkan inovasi kreativitas dan enterpreuneurship, karena kita masih jauh untuk minat baca, indonesia mendapat urutan ke 6 di dunia yang suka baca,” ungkapnya.

“Bagaimana kita menerapkan inovasi baru cara menjual buku dan menjual minat orang mau membaca. Kata kunci yang tidak boleh kita tingalkan yakni kolaborasi, karena kita di Kabupaten Sintang ini sudah banyak tumbuh dari anak-anak muda menciptakan komunitas yang ranahnya mengajak masyarakat gemar membaca, seperti Mari Melihat, Truz Hero, komunitas baca, the Corans,” tambahnya.

Menurut Jarot, persoalan literasi ini menjadi masalah bagi kita semua. Di Sintang untuk kampung literasi baru satu kampung saja yakni Desa Merah Arai, Kecamatan Kayan Hulu.

“Hanya satu kampung literasi yang kita bangun dan hanya satu-satunya yang ada di kalimantan barat,” pungkasnya. (*)