Bupati Jarot Resmikan Program Lisdes di Desa Semajau Mekar

oleh

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan program Listrik Desa (Lisdes) Tahun 2019. Proyek jaringan listrik ini dibangun oleh PT PLN di desa Semajau Mekar, Kecamatan Ketungau Hilir, Selasa (17/3/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Terry Ibrahim, Anggota DPRD Sintang, Melkianus, Kepala Pekerjaan Umum Sintang, Murjani, Kepala Bappeda Sintang, Kartiyus, Kabag Prokopim Iwan Kurniawan, Camat Ketungau Hilir, Simin, Kades Semajau Mekar, Jaka Ikhsani Pradana, Forkopimcam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta para Tokoh Adat.

Bupati Sintang, Jarot Winarno menyatakan, bahwa sesuai visi Presiden RI Joko Widodo yiatu Indonesia Terang, dan Kabupaten Sintang ini mendapat prioritas. Sebab, kabupaten lain hanya mendapatkan empat desa untuk Program Lisdes ini.

“Untuk Sintang dapat 21 desa di tahun 2020 ini. Program Listrik Desa (Lisdes) ini sangat luar biasa, dan Tahun 2021 pun sudah mulai di survey di beberapa desa, dan saya sebagai Bupati Sintang akan terus memperjuangkannya,” katanya.

“Inilah yang dikatakan negara hadir di desa kita, dari beberapa kali saya ke desa-desa baik dalam kunjungan maupun kegiatan- kegiatan Pemerintah, yang selalu diminta masyarakat adalah yang pertama masalah jalan, kedua masalah listrik, ketiga Tower Telkom, dan yang keempat adalah harga kulat naik. Sebenarnya yang selalu menjadi perjuangan saya sebagai Bupati Sintang selama ini untuk peningkatan perekonomian di masyarakat,” tambahnya.

Jarot Winarno menegaskan, bahwa desa Semajau Mekar, Kecamatan Ketungau Hilir selama ini belum dapat menikmati pelayanan listrik PLN. Namun, saat ini sudah menikmati.

“Ini bisa dikatakan Merdeka ya. Tentu ini patut kuta syukuri karena bisa menjadi daya ungkit besar , agar kedepan bisa menjadi desa mandiri,” ujarnya.

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Terry Ibrahim menyatakan, dengan masuknya sarana pelayanan listrik PLN di desa Semajau Mekar ini, tidak hanya bisa menjadi penerangan saja, tetapi juga bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Jadi, sekarang ibu-ibu bisa membuat Es, membuat kue, dan produk usaha masyaarakat lainnya,” ucap Terry.

Sementara itu, Camat Ketungau Hilir Simin menyatakan, dengan masuknya Listrik Desa ini, pihaknnya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang , yang telah memperjuangkan pelayanan listrik di Desa Semajau Mekar ini.

“Semoga dengan masuknya aliran pelayanan listrik PLN ini, bisa meningkatkan perekonomian bagi masyarakat,” pungkasnya. (*)