Bupati Lounching Buku ‘Menggali Mutiara di Bumi Senentang’ Persembahan Kodim 1205 Sintang

oleh

SINTANG, KN – Kodim 1205 Sintang persembahkan buku berjudul “Menggali Mutiara di Bumi Senentang “.
Buku tersebut menceritakan tentang inovasi pertanian ramah lingkungan yang dibagikan oleh Kepala Desa Paoh Benua Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Adrianus Limbai.

Komandan Kodim 1205 Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mengatakan buku tersebut dipersembahkan sebagai kontribusi kepada negara dan masyarakat Kabupaten Sintang sebagai solusi pelaksanaan kegiatan pertanian tanpa membakar.

Dandim menceritakan penulisan buku tersebut bermula dari kegiatan TMMD di Kecamatan Ketungau Tengah, dimana pihaknya menjadikan Adrianus Limbai sebagai narasumber pada inovasi pertanian kepada masyarakat.

“Pak Adrianus Limbai berhasil mengembangkan sistem pertanian diatas permukaan air, sistem pertanian tersebut tidak menggunakan metode lahan berpindah atau membakar lahan, ” ujar Dandim.

Dikatakan Dandim, Adrianus Limbai memberikan banyak materi tentang inovasi pertanian pada saat TMMD namun masyarakat memiliki keterbatasan mengingat ilmu yang telah di berikannya.

“Saya mengambil celah itu, dengan mempertemukan Pak Limbai dengan seorang penulis buku yang handal di Kabupaten Sintang agar pengetahuan tersebut disa disampaikan kepada masyarakat melalui sebuah buku, ” kata Letkol Inf Eko.

Menurut Letkol Inf Eko, Adrianus Limbai adalah seorang pejuang masa kini yang sangat memahami potensi dibidang pertanian. Pasalnya Adrianus Limbai ini hanya lulusan SMK Pertanian, dan juga belajar ilmu pertanian secara otodidak.

“Masyarakat kita harapkan harus bisa menerapkan ilmu yang dibagikan pak Limbai ini melalui buku yang kita lounching hari ini, ” harap Letkol Inf Eko.

Sementara itu Bupati Sintang, Jarot Winarno saat melounching buku berjudul “Menggali Mutiara di Bumi Senentang” Kamis (04/03/2021), di Pendopo Bupati Sintang sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Dandim Sintang dengan gagasannya meluncurkan buku “Menggali Mutiara di Bumi Senentang”.

“Hal ini dapat menjadi contoh serta motivasi kita bersama demi kemajuan Kabupaten Sintang,” pinta Jarot.

“Saya ucapkan selamat atas peluncuran Buku “Menggali Mutiara di Bumi Senentang” ini kepada Bapak Dandim, dan saya juga mengapresiasi Pak Limbai dengan upaya membudidayakan tanaman secara otodidak, ini dapat menjadi contoh dan diteladani bersama,” pungkasnya. (Fr/D2)