Bupati Sintang Beri Suport dan Semangat Kepada Pasien Positif Covid-19

oleh
Bupati Sintang, Jarot Winarno Berdialog dengan Pasien Covid-19 di Rusun RSUD Ade M Djoen Sintang, Senin 22 Maret 2021

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno, di dampingi Kadis Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh, menyambangi Rumah Susun (Rusun) RSUD Ade M. Djeon Sintang tempat para pasien positif Covid-19 menjalani karantina/isolasi dan perawatan medis.

Hal tersebut dilakukan bupati usai membesuk salah satu korban luka bakar akibat musibah kebakaran 7 rumah warga Dusun Tuntun Palah, Desa Nanga Pari, Kec. Sepauk di Ruang IGD RSUD Ade M. Djoen Sintang,  Senin (22/3/2021).

Saat ini ada 59 orang pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi/karantina serta perawatan medis di Rusun tersebut.

Bupati Sintang, Jarot Winarno, berbincang-bincang dengan para pasien positif Covid-19 sambil bercanda tawa, sembari memberikan semangat dan dukungan kepada mereka, namun hal tersebut dilakukan dengan menjaga jarak.

“Gimana kabar bapak/ibu”tanya Jarot. “Baik-baik saja pak”jawab para pasien tersebut.

Bahkan salah satu dari pasien, menjawab yang dialami mereka rata-rata tanpa gejala atau gejala ringan seperti kehilangan indra penciuman dan perasa saja.

“nda tau pak kami dapat dimana, padahal jarang juga kemana-mana, tau-taunya positif, tanpa gejala yang berat”jawab salah satu pasien.

Sebagai seorang  dokter dan juga ahli epidemiologi, Jarot pun memberikan penjelasan, bahwa Covid-19 akan selalu ada seperti penyakit-penyakit  lainnya atau akan jadi penyakit endemik di tengah-tengah kehidupan kita.

“Covid-19 ini akan selalu ada seperti penyakit lainnya atau akan jadi penyakit endemik di tengah-tengah kita”jelas Jarot.

Untuk itulah pemerintah mengajurkan kita menerapkan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak seperti saya ni duduk agak jaga jarak dengan bapak/ibu, menjauhi kerumunan, serta, membatasi mobilisasi dan interaksi.

Jarot berharap dengan telah di lakukannya vaksinasi, herd immunity masyarakat akan terbentuk. Jarot pun mengajak masyarakat mendoakan para pasien positif Covid-19 agar segera sehat kembali seperti sediakala berkumpul bersama sanak keluarga di rumah, dan Jarot mengajak masyarakat  tidak memberikan stigam negatif kepada mereka karena Covid-19 bukanlah sebuah aib.

“Saya doakan  bapak/ibu segera sembuh. Mari masyarakat juga bersama-sama kita doakan bapak/ibu disini, biar cepat sembuh kembali berkumpul bersama sanak keluarga dirumah”ucap Jarot.

Setelah berbicang-bincang dengan para pasien positif Covid-19, Jarot kemudian berswafoto bersama petugas medis di rusun tersebut dan juga memberikan semangat kepada mereka dalam menjalankan tugas mulia ini. (Wr/D2)