Bupati Sintang Nyalakan Listrik PLN Pertama di Desa Tanjung Prada

oleh
oleh

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Herkulanus Roni, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus, Forkopimcam Nanga Tempunak, Kepala Desa Tanjung Prada beserta tamu undagan lainnya melaksanakan kegiatan penyalaan listrik pertama kalinya di Desa Tanjung Prada, Kecamatan Tempunak Senin (4/1/2021).

Bupati Sintang menyampaikan bahwa menyalakan lampu pertama Desa Tanjung Prada itu tandanya Desa Tanjung Prada sudah merdeka dari gelap.

“sejak penancapan tiang listrik pertama pada bulan Agustus Tahun 2020 lalu. Pada hari ini penyaluran listrik ke rumah warga di Desa Tanjung Prada sudah resmi dan energi listrik sudah bisa dirasakan masyarakat. Masyarakat menyambut dengan gembira dengan adanya listrik sekarang yang mana sejak dahulu tidak ada penerangan yang bersumber dari listrik pemerintah” terang Bupati Sintang.

Jarot mengatakan, masyarakat harus bersyukur mempunyai kepala desa seperti Pak Asen yang mau berupaya dengan luar biasa untuk memperjuangkan supaya listrik bisa ada masuk ke Desa Tanjung Prada ini.

“Pak Asen ini rela menghadap langsung ke Gurbernur Kalbar untuk memperjuangkan listrik ini. Saya mau kepala desa lain juga bisa mencontoh Pak Asen Ini” pinta Jarot.

“jangan takut minta hak kita untuk mendapatkan pembangunan di desa kita seperti minta penerangan listrik ini sehingga kita merdeka dari kegelapan. Dengan masuknya listrik di Desa Tanjung Prada ini, gelap gulita ini tidak membendungi asas keadilan, karerna pada hari ini kita meresmikan listrik di Tanjung Prada menjadi “Tanjung Prada Terang” ungkap Jarot.

Selain itu kata Jarot, pekerjaan kita masih banyak, pada tahun 2021 ini desa diminta mampu fokus pada beberapa hal segera pulihkan ekonomi, dengan mendirikan Bumdes-nya melalui program unggulan desa. Bagi desa-desa lain yang belum ada listrik harus berupaya agar dana desa bisa mewujudkan desa yang terang.

“seperti Desa Tanjung Prada ini memang sudah terang, namun sinyal telekomunikasi masih kurang, ini akan kita pikirkan kedepannya” kata Jarot.

Pemerintah Kabupaten Sintang mendapatkan 165 tower BTS yang akan kita distribusikan ke seluruh desa yang memerlukan, sehingga listrik ada dan internet pun ada.

“namun saya minta supaya desa fokus untuk membenahi administrasi desa, batas desa, profil desa semua harus di benahi. Tidak lupa juga harus menyongsong kebiasaan baru dengan hidup bersama corona dengan cara mematuhi protokol kesehatan di tahun 2021 ini” pesan Jarot.

Kepala Desa Tanjung Prada, Asen, menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita akan menyalakan lampu pertama di Desa Tanjung Prada oleh Bupati Sintang.

“Saya sebagai kepala desa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sintang yang telah membantu Desa Tanjung Prada ini bisa memberikan listrik bagi warga desa kami sehingga kita bisa menikmati penerangan dari listrik dari PLN. Mari lanjutkan pembangunan di Desa Tanjung Prada ini, listrik sudah ada, sekarang kita minta pembangunan jalan raya menuju desa kita di pesisir pantai ini” kata Asen. (SS)