Covid-19, Anggota Polsek Kayan Hulu Membuat Hand Sanitizer Berbahan Alami

oleh
Brigadir Indra Wahyudin Membuat Hand Sanitizer Berbahan Alami

SINTANG, KN – Bhabinkamtibmas Polsek Kayan Hulu, Polres Sintang, Polda Kalbar, Brigadir Indra Wahyudin Membuat Hand Sanitizer Berbahan Alami.

Wabah virus Corona (Covid-19) saat ini telah menjadi wabah yang menyerang hampir seluruh negara yang ada didunia. Korban akibat wabah ini sudah banyak berjatuhan.

Hal ini mengakibatkan dampak buruk disetiap sendi kehidupan manusia. Hal ini juga menyebabkan kelangkaan dari pencuci tangan atau hand sanitizer selain itu kalaupun ada harganya melambung tinggi.

Prihatin dengan keadaan tersebut, Brigadir Indra Wahyudin yang sehari-harinya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Kayan Hulu, Polres Sintang berinisiatif membuat tutorial membuat hand sanitizer berbahan alami.

Dengan berbekal hasil penelusurannya digoogle, Brigadir Indra Wahyudin kemudian mengetahui ada beberapa bahan alami yang bisa mencegah peredaran bakteri maupun virus salah satunya yaitu daun sirih dan jeruk nipis.

Setelah tahu kedua bahan alami tersebut bisa mencegah peredaran bakteri maupun virus, saya semakin memperdalam lagi tentang khasiat dari daun sirih dan jeruk nipis.

Kemudian saya melihat postingan dari dr. Retno Sari dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga tentang penelitian daun sirih dan jeruk nipis dibuat hand sanitizer saat menghadapi virus flu burung dan ternyata berhasil.

“Berbekal hal tersebut saya mencoba membuat tutorial pembuatan Hand Sanitizer Alami berbahan daun sirih dan jeruk nipis, Insya Allah bisa tahan untuk 2-3 hari,” jelas Brigadir Indra Wahyudin.

Lebih lanjut Brigadir Indra Wahyudin menjelaskan bahwa didalam daun sirih ini bersifat anti septik serta mengandung zat minyak atsiri, karoren, asam nikotinat, riboflavin, tiamin, tannin, asam amino, zat samak, pati, diatase, gula, vitamin C dan kavikol yang bermanfaat untuk memematikan kuman, meredakan nyeri, menghentikan pendarahan, mengobati luka, menggobati gangguan pernapasan dan lain – lain. Sedangkan jeruk nipis bersifat anti oksidan dan anti bakteri” tambah Brigadir Indra Wahyudin

Terpisah Kapolsek Kayan Hulu, Iptu Sutrisno berharap apa yang telah dilakukan anggotanya ini bisa bermanfaat untuk masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu bingung ataupun resah.

Lebih lanjut Iptu Sutrisno menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menyikapi wabah corona ini dengan kepala dingin.

“Jangan termakan oleh isu yang tidak benar, jangan menimbun bahan makanan, dan ikuti apa yang menjadi peraturan pemerintah terkait wabah corona ini” kata kapolsek.

Kapolsek berharap kepada masyarakat tidak perlu bingung ataupun resah dalam menyikapi wabah corona ini serta Jangan termakan oleh isu yang tidak benar.

“Mari bersama kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya wabah corona ini cepat selesai sehingga kehidupan sehari – hari masyarakat bisa kembali normal,” ajak Kapolsek.(Res)