Covid-19, Kalbar Bertambah 2 Orang Positif dan 9 Orang di Nyatakan Sembuh

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson

PONTIANAK, KN – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson menjelaskan adanya penambahan 2 (dua) kasus baru Positif Covid-19 pada Sabtu (20/6/2020) siang.

Penambahan dua kasus baru ini terdapat di Kabupaten Sanggau 1 kasus dan luar wilayah yakni Jawa Tengah 1 kasus yang dirawat di Kota Pontianak.

Dengan adanya penambahan dua orang positif Covid-19 ini, maka jumlah total kasus di Kalbar hingga hari ini sebanyak 298 orang dari hari sebelumnya sebanyak 296 orang.

“Konfirmasi Baru 2 orang, Sanggau 1 orang, Luar wilayah 1 orang,” jelas Harisson kepada wartawan, Sabtu (20/6/2020) siang.

Selain itu kata Harisson, hari ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga menerima 9 orang kasus konfirmasi yang dinyatakan sembuh. Sembilan orang ini terdapat di tiga daerah, yakni Melawi, Pontianak dan Sambas. Dengan demikian jumlah kasus Konfirmasi yang dinyatakan sembuh hingga hari ini ada 195 orang dari sebelumnya sebanyak 185 orang.

“Konfirmasi Sembuh 9 orang, Melawi 6 orang, Pontianak 2 orang, dan Sambas 1 orang,” jelasnya.

Harisson menjelaskan, kasus Konfirmasi baru terdiri dari 1 orang bayi berasal dari Sanggau yang sedang dirawat salah satu rumah sakit di Kota Pontianak dan 1 orang warga Jawa Tengah yang sedang dirawat di salah satu rumah sakit di Pontianak.

“Dengan sembuhnya 6 orang dari Kabupaten Melawi berarti cluster Melawi yang berjumlah 12 orang semuanya sudah dinyatakan sembuh atau kita sudah menyelesaikan cluster Melawi,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar inipun meminta agar Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi tidak lengah, mereka harus terus melakukan testing secara massal dengan Rapid Test, agar secepatnya atau sedini mungkin dapat menemukan kasus yang mungkin masih ada dan melakukan tindakan isolasi terhadap kasus yang reaktif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi jangan berpuas diri dengan adanya Nol kasus di Kabupaten atau Kota masing-masing,” pungkasnya. (TS/ASM)