Curah Hujan Tinggi, Polsek Ambalau Monitoring Debit Air

oleh
oleh
Briptu Irfan Saat Mengecek Debit Air di Sungai. Poto Humas Polres Sintang

SINTANG, KN – Bhabinkamtibmas Polsek Ambalau Briptu Irfan lakukan patroli monitoring debit air di wilayah bantaran sungai di Desa Nanga Kemangai, Kecamatan Ambalau, Senin (11/1/2021).

Kegiatan ini dilakukan mengingat curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi dalam beberapa hari ini di wilayah Kecamatan Ambalau, mengakibatkan debit air di Sungai Melawi, Kecamatan Ambalau mengalami peningkatan debit air yang cukup tinggi.

“Pada Patroli tersebut kita  memberikan himbauan kepada warga agar selalu berhati-hati dan selalu waspada, curah hujan tinggi tentunya mengakibatkan arus yang cukup derasnya, apalagi kepada warga yang bermukim di rumah-rumah terapung agar lebih meningkat kewaspadaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Briptu Irfan.

Lanjut Irfan, selain bahaya banjir, pihaknya juga mengingatkan warga yang berdiam didaerah bantaran sungai agar waspada bahaya lonsor, akibat curah hujan tinggi. Pondasi tanah di daerah bantaran rawan longsor akibat arus deras pada musim penghujan, pungkasnya.

Sementara itu Kapolsek Ambalau, AKP Bongsu Pane saat di konfirmasi mangatakan, patroli monitoring debit air terus kami lakukan di musim penghujan seperti saat ini, terutama kepada warga daerah bantaran sungai dan mereka yang tinggal dirumah-rumah terapung.

“Kami berharap dengan patroli serta himbauan terkait waspada bencana saat musim penghujan ini dapat mencegah timbulnya korban jiwa maupun harta benda dari masyarakat, tetap waspada dan berhati-hati, “ucap Kapolsek. (Hr)