Dandim 1205 Sintang Jadi Irup Penurunan Bendera

oleh

SINTANG, KN – Komandan Kodim 1205 Sintang Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan bertindak sebagai Inspektur Upacara penurunan Sang Merah Putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 Tahun 2021 di Kabupaten Sintang pada Selasa sore, 17 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB.

Usai menjadi Inspektur Upacara penurunan Sang Merah Putih di Halaman Kantor Bupati Sintang, Komandan Kodim 1205 Sintang Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan kepada awak media menyampaikan sangat terkesan bisa menjadi bagian dari masyarakat Kabupaten Sintang.

Sintang ini, menurut dia merupakan daerah yang memiliki potensi sumber daya manusia yang berkualitas dan sangat perlu di eksplorasi agar bisa lebih dahsyat lagi.

“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang, dulu para pejuang sudah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa kita. Maka tugas kita sekarang secara khusus generasi milenial ini untuk mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif dan konstruktif. Apapun yang kita bisa kerjakan, tidak peduli sebesar apa dan jenisnya apa. Yang pasti, lakukan itu. Dan kita harus berpikir dan berupaya agar diri kita ini bermanfaat bagi orang lain,” terang Eko Bintara Saktiawan.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronny usai mengikuti upacara penurunan bendera secara virtual di Pendopo Bupati Sintang menyampaikan selamat ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76.

“Harapan saya, bangsa kita dan Kabupaten Sintang bisa melewati pandemi ini. Dan pandemi ini cepat berlalu. Untuk Kabupaten Sintang bisa semakin maju dalam segala hal dan saya mengajak semua elemen masyarakat Kabupaten Sintang untuk selalu bersama-sama dalam mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai aktivitas dan pembangunan,” ucap Florensius Ronny.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syarief Yasser Arafat usai upacara penurunan Sang Merah Putih di Halaman Kantor Bupati Sintang menyampaikan sebagaimana tema HUT RI yang ke 76 Tahun 2021 ini yaitu “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, maka sebagai sebuah bangsa harus tetap tangguh dan kokoh dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada termasuk pandemi Covid-19. Dengan semangat “ketangguhan” itu tentunya akan “tumbuh” menjadi bangsa pemenang dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

“Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 Tahun 2021 merupakan tahun kedua masyarakat Kabupaten Sintang merayakan peringatan HUT RI ditengah pandemi Covid-19. Sehingga kita akan membatasi kegiatan yang akan dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dua tahun terakhir memang terasa berbeda dalam peringatan HUT RI. Tidak ada perlombaan ataupun perayaan yang meriah. Fokus kita pada kegiatan inti saja, tanpa mengurangi makna dari peringatan HUT RI,” terang Syarief Yasser Arafat.

Pada upacara penurunan Sang Merah Putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 Tahun 2021 di Kabupaten Sintang pada Selasa sore, 17 Agustus 2021 tersebut bertindak selaku perwira upacara adalah Lettu Inf Tius yang menjabat sebagai Pasi Pers Kodim 1205 Sintang, komandan upacara Kapten Inf Heru Didik Pamungkas yang menjabat sebagai Pasi TCR Kodim 1205 Sintang, komandan paskibraka adalah Sivin Ricki Fernando siswa kelas XII Akuntansi SMK Budi Luhur Sintang, dan Tim Korsik dari Ajenrem 121 ABW.

Petugas Paskibraka Upacara Penurunan Bendera adalah Bima Pandu Kurniawan Siswa Kelas 12 TBSM SMK Nurul Ma’arif Sintang, Ghafriyadi Siswa Kelas 12 MIPA 2 Madrasah Aliyah Ma’arif Sintang, Ramadhan Ahmad Siswa Kelas 12 MIPA I MA Ma’arif Sintang.

Sedangkan Petugas Pembawa Bendera adalah Melani Reskya Putri Siswi Kelas 12 MIPA 3 SMA Negeri 1 Sintang. Paskibraka Tahun 2021 Kabupaten Sintang dibawah bimbingan para pelatih Purn. Peltu Sugiyono, dan AIPDA Yundeka yang sehari-hari sebagai Kasubnit Dalmas Polres Sintang. (*)