Dewan Murung Raya Ingatkan Warga di Bantaran Sungai Barito Siaga Bencana

MURUNG RAYA,KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Murung Raya Muhammad Nujhan, mengajak masyarakat Kabupaten Murung Raya terutama wilayah Bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, yang menjadi rawan bencana alam agar selalu siaga bencana dan waspada.

Muhammad najhun menyampaikan, kepada masyarakat Kabupaten Murung Raya terutama di wilayah yang rawan bencana alam untuk selalu waspada dan berhati-hati karena Bulan ini sudah masuk musim hujan.

Oleh Karena itu, masyarakat harus waspada dan mengantisipasi terjadinya bencana alam. Antisipasi itu dapat dilakukan dengan kerja bakti, membersihkan saluran air atau sungai. Sehingga air dapat mengalir lancar dan tidak tersumbat yang mengakibatkan banjir. Jika air tidak lancar, dikhawatirkan air meluap ke permukiman warga.

Sedangkan untuk tanah longsor, tambah Muhammad Nujhan biasanya terjadi di wilayah, seperti ,kecamatan laung Tuhup,kecamatan tanah siang dan kecamatan murung Masyarakat yang bermukim di perbukitan, diminta untuk waspada. Jika terjadi bencana, segera melapor ke instansi terkait.

Baik pemerintah desa, Polsek, Koramil maupun tim relawan yang berada di desa.
di Kabupaten murung raya yang rawan dilanda bencana.

Muhammad Nujhan mengungkapkan, bahwa masyarakat harus lebih berhati-hati karena saat ini cuaca tidak menentu, baik itu terjadi hujan ataupun tidak terjadi hujan. Oleh karenanya, masyarakat selalu waspada ketika berada di luar rumah.

“Hindari lokasi yang rawan tanah longsor, dan hindari wilayah yang rawan banjir ketika melakukan perjalanan,” tutupnya.(Rahmadi)