Dewan Pimpinan Calon Cabang PMKRI Kapuas Hulu Dilantik

oleh

KAPUAS HULU, KN – Pelantikan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Santo Yohanes Don Boso Calon Cabang Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Periode 2020-2021, di Aula Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu (Sabtu, 23/1/2021) pekan lalu.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Santo Thomas Aquinas, Benidiktus Papa.

Kegiatan pelantikan ini juga di hadiri oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu Asisten 1, Jantau, S.Sos., MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu,Petrus Kusnadi,S.Sos., Msi, Senior/Alumni PMKRI, Oganisasi terkait dan utusan dari PMKRI dari kabupaten terdekat. Tema yang diusung adalah“ DUC IN ALTUM (Bertolaklah ketempat yang dalam)”.

Pelantikan diawali dengan Ibadah Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Moderator, Pastor Ravael Servianus Lepen, SMM. Dalam kotbahnya pastor moderator berpesan : “ kalian telah sepakat memilih DUC IN ALTUM sebagai tema dalam pelantikan ini, maka anak PMKRI harus berani mengambil langkah lebih ke dalam lagi berdasarkan tema yang di usung, harus berani mengenal PMKRI lebih dalam lagi”.

Setelah Ibadah dilanjutkan dengan acara ceremony pelantikan dan secara resmi Ketua Pengurus Pusat PMKRI, Saudara Benidiktus Papa melantik Saudara Yohanes Belen Wuwur sebagai Ketua Presidium PMKRI Calon Cabang Kapuas Hulu periode 2020-2021. Yohanes Menjadi Ketua Presidium Pertama PMKRI Kapuas Hulu yang sebelumnya berjuang Bersama anggota, dengan dampingan PMKRI Pendamping( PMKRI Cabang Sintang) mendirikan PMKRI di Kabupaten Kabupaten Kapuas Hulu.

Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Personalia Dewan Pimpinan Calon Cabang PMKRI Kapuas Hulu oleh Ketua Presidium periode 2020-2021 saudara Yohanes Belen Wuwur.

Dalam sambutannya, Yohanes Wuwur menyampaikan, “Berbicara soal momen pelantikan hari ini tidak terlepas dari deretan perjuangan panjang yang sudah kami lalui karena menjadi kader Perhimpunan dan bisa bertahan lama itu tidak semuda membalikan telapak tangan. Sebagai mahasiswa yang sibuk dengan urusan kampus dan berhadapan dengan pengaruh teknologi saat ini menjadi tantangan berat untuk bergabung di organisasi. Namun karena niat tulus untuk berproses dan atas dukungan banyak pihak kami biasa sampai pada titik ini tanpa mengorbankan kuliah”

Dalam sambutannya Ketua Presidium PMKRI Kapuas Hulu, Yohanes Wuwur juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berjuang bersama mendukung berdirinya PMKRI di Kabupaten Kapuas Hulu dan hadir juga di kegiatan pelantikan semoga dalam menjalankan roda organisasi tidak mengecewakan dukungan baik dari semua pihak yang hadir.

“ Ini adalah bentuk dukungan yang sangat nyata dari semua pihak dengan keberadaan PMKRI di Kapuas Hulu, untuk teman-teman yang baru dilantik mari kita bersama menunjukan yang terbaik dengan kinerja kita ke depan.Tentang makna pelantikan dan tema yang kita pakai “DUC IN ALTUM”. Sudah banyak kita berbicara tentang perjuangan tetapi sebenarnya itu belum apa-apa. Yang kita lalui selama ini belum terlalu dalam, ke depannya kita akan melewati itu dengan arus cobaan yang deras dan kita di tuntut untuk harus bekerjasama. Karena dari awal sudah jelas saya pernah berpesan, saya ketua Presidium tetapi tanpa kalian saya tidak ada apa-apanya. Bersama kita akan berjuang untuk memperkuat internal sebagai pondasi mengibarkan bendera PMKRI di Kapuas hulu” Tegas Yohanes Belen Wuwur.

Dalam sambutan sebagai hirarki Gereja, Pastor Moderator , Ravael Servian berpesan, momen pelantikan hari ini bukan momen untuk gagah-gagahan di media social. Bukan hanya lantang berteriak“ Pro Ecclesia Et Patria” dan tema yang di ambil “ Duc in Altum” bukan sekedar tema namun lebih dari itu semua yang terjadi hari ini harus benar” di maknai agar gerakan perhimpunan berkualitas melahirkan kader unggul yang biasa berkontribusi aktif untuk Gereja dan Bangsa.

Pemerintah Daerah yang di wakili Asisten 1 Kabupaten Kapuas Hulu, JANTAU, S.Sos, MM dalam sambutan mengatakan, PMKRI adalah organisasi pergerakan yang sudah mncetak banyak kader berkualitas. Harapan semoga dengan adanya PMKRI di Kapuas Hulu dapat ikut membantu pemrintah dalam pembangunan daerah. Memberikan keritik-keritik yang baik untuk mendukung kelancaran pemerintahan.

Ketua Pengurus Pusat PMKRI periode 2020-2022 , Benediktus Papa mengatakan, “ Pelantikan kali ini perlu dimaknai sebagai langkah awal teman-teman PMKRI di Kapuas Hulu untuk memperkuat konsoiidasi internal sebagai syarat utama untuk membangun PMKRI di Kapuas Hulu ke depan. Berikan manfaat untuk mahasiswa katolik, gereja dan masyarakat di Kapuas Hulu”

Perwakilan Senior/Alumni PMKRI,
Kak Ita Alman Andela, SKM dalam sambutanya ” Kami mengapresiasi terbentuknya calon cabang kapuas hulu, sebagai alumni juga mendukung eksistensi PMKRI sebagai organisasi pengkaderan, mendukung sesuai kapasitas dan kapabilitas yang kami miliki. Diharapkan kedepannya adik-adik PMKRI serius berproses sebagai kader gereja dan tanah air seperti semangat perhimpunan, dan tetap memenuhi kewajiban sebagai seorang akademisi (Mahasiswa). Kami juga mendorong PMKRI untuk terlibat aktif dalam kehidupan sosial bermasyarakat, PMKRI dituntut mampu berkontribusi dalam pembangunan pemerintah daerah serta memberikan kritik yang konstruktif bagi pemerintah daerah. Untuk seluruh pengurus yang barusan dilantik agar sungguh-sungguh berproses melalui segala dinamika dalam organisasi yang kelak akan mendewasakan”

Kegiatan Pelantikan di lanjutkan dengan Diskusi Publik dengan tema: Pendidikan dan Kaum Muda Pilar Peradaban Bangsa dan Gereja. (Rl)