Diperbaiki Secara Swadaya, Kini Jalan Sayan-Kota Baru Lancar Dilalui

oleh
Warga saat bergotong royong menimbun jalan yang rusak pada ruas jalan Sayan-Kota baru. (Istimewa)

Melawi, KN – Akses jalan provinsi yang menghubungkan tiga kecamatan di jalur sungai Pinoh, yang kerap menjadi keluhan warga pengguna lalu lintas tepatnya di ruas jalan Sayan – Kota Baru (Tanah Pinoh), kini sudah nyaman dilalui. Hal itu pasca dilakukan perbaikan swadaya yang dilakukan Forkopimcam bersama pemerintah desa dan warga.

Sebelumnya, aksea jalan tersebut kerap menjadi keluhan warga yang ingin milir dan mudik. Sebab kerusakan terjadi cukup parah, hingga tak jarang membuat sejumlah mobil angkutan amblas dilokasi tersebut.

Penimbunan ruas jalan Sayan-Kota Baru yang rusak. (Istimewa)

Mengingat pentingnya kenyamanan dan keselanatan berkendara menjelang arus nudik lebaran, Camat Tanah Pinoh, Budiman bersama Forkopimcam memimpin lansung perbaikan jalan secara Swadaya dengan mengajak semua pihak terlibat. Alhasil, kini jalan sudah lebih nyaman dilalui.

Budiman, mengatakan perbaikan jalan secara swadaya dibeberapa titik di ruas jalan provinsi antara Sayan-Kota Baru tersebut berlangsung selama enam hari. Perbaikan jalan yang rusak tersebut menggunakan dana swadaya.

“Alhamdulillah beberapa hari lalu kegiatan gotong royong telah berakhir, dan jalan sudah nyaman dilalui, bahkan mobil kecilpun sudah bisa lewat,” ungkapnya, Jum’at (14/4/2023)

Pria kelahiran Tanah Pinoh itu mengatakan, perbaikan jalan rusak selama enam hari tersebut melibatkan banyak pihak seperti dari pihak kecamatan, dari kepolisian, TNI, perusahaan, pengusaha, para supir dan warga. Bahkan Camat Sokan bersama stafnya juga ikut andil dalam kegiatan tersebut.

“Perbaikan jalan rusak ini merupakan kegiatan tanggap darurat untuk memperlancar akses lalu lintas di ruas jalan Sayan-Kota Baru menjelang Hari Raya Idhul Fitri. Sehingga arus mudik Lenaran Idhul Fitri nanti dijamin aman dan lancar. Bahkan hingga habis lebaran nanti kondisi jalan akan aman,” katanya

Pria yang merupakan mantan wartawan senior di Melawi itu juga menyatakan untuk siap bergotong royong memperbaiki kembali apabila setelah perbaikan ini jalannya rusak lagi.

Sementara itu, warga asal Nanga Pinoh yang bekerja di Tanah Pinoh, Rama, mengatakan salut dengan sikap tanggap yang dilakukan Camat Tanah Pinoh. Jiwa kepemimpinan camat dalam membawa masyarakat bergotong royong sangatlah baik.

“Pemimpin yang sigap dan tanggap, serta mengerti kondisi dan situasi yang dialami warga saat berkendara seperti inilah yang patut diacungkan jempol. Semoga saja jalan tersebut secara permanen bisa segera dilakukan perbaikan secara permanen,” ucapnya mengakhiri. (Ira)