Empat Disdukcapil Terima Penghargaan Atas Kinerja Maksimal

oleh

SAMARINDA, KN – Pada pencanangan Gerakan Bersama Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi Penyandang Disabilitas Provinsi dan Kabupaten Kota se Kalimantan. Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada empat Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Disdukcapil) dengan kategori yang bekerja sangat tinggi dalam pelayanan Adminduk.

Disdukcapil yang menerima penghargaan yakni Kabupaten Panajam Paser Utara, Kota Balikpapan, Kota Bontang, dan Kota Samarinda, sebagai levelisasi tertinggi pencapaian target kinerja penyelenggaraan Adminduk triwulan 1 tahun 2022 di Provinsi Kaltim.

Selain itu, Pemprov juga memberikan apresiasi kepada Kepala Disdukcapil Kota Samarinda H Abdullah atas pengabdian terlama. Dan penghargaan kepada Kepala Dinas Dukcapil Terinovatif yang diterima David Pamuji dari Disdukcapil Kabupaten Berau.

Penghargaan diserahkan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Kaltim H Riza Indra Riadi, didampingi Direktur Pencatatan Sipil Dirjen Dukcapil Kemendagri Handayani Ningrum dan Kepala DKP3A Kaltim Hj Noryani Sorayalita, di Hotel Gran Jatra Balikpapan, Kamis (11/8/2022).

Riza mengatakan pemberian penghargaan ini bertujuan untuk mengapresiasi keberhasilan yang telah dilakukan Disdukcapil di Kaltim yang telah bekerja maksimal meningkatkan kinerjanya dalam pelayanan Adminduk di daerah masing-masing.

“Selain itu, Disdukcapil kabupaten dan kota terpacu serta termotivasi untuk mencapai kinerja dalam menyukseskan program pemerintah dalam percepatan pelayanan Adminduk,” kata Riza.

Kepala DKP3A Kaltim Hj Noryani Sorayalita mengatakan penghargaan diberikan kepada empat kabupaten dan kota untuk kinerja terbaik dalam pelayanan adminduk sehingga masuk dalam level empat dengan kriteria tercapainya 10 indikator penilaian.

Menurut dia, rata-rata yang mendapatkan penghargaan itu diatas indikator penilaian, seperti penilaian KTP-el 99,40 persen, bahkan sudah lebih yang dilakukan empat kabupaten dan kota yang menerima penghargaan.

“Kita harapkan kabupaten dan kota yang menerima penghargaan bisa mempertahankan serta meningkatkan kinerjnya melebihi apa yang sudah dicapai dalam program Adminduk,” papar Noryani Sorayalita. (mar/her/yans/adpimprovkaltim)