Forkopimcam Ketungau Hilir Pantau Kondisi Banjir di Desa Nanga Ketungau

oleh

SINTANG, KN – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Ketungau Hilir melaksanakan monitoring cek ketinggian air Sungai Ketungau di Desa Nanga Ketungau, Kecamatan Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang, Sabtu (25/07/2020).

Forkopicam tersebut terdiri dari Sekcam Ketungai Hilir, Sanito Fiuska, Kanit Binmas Aipda Heru Supomo yang mewakili Kapolsek Ketungau Hilir, serta Danramil 1205-03 Ketungau Hilir Peltu Dadi.

Pengecekan yang di lakukan selain melihat kondisi permukaan air, juga mengecek sampai kondisi rumah warga yang terkena dampak meluapnya Sungai Ketungau.

Akibatnya dari meluapnya air Sungai Ketungau, banyak rumah warga yang tinggal di daerah bantaran sungai Ketungau terendam air, termasuk juga jalan, fasilitas umum seperti tempat-tempat ibadah juga terendam air.

“Warga setempat terpaksa harus menggunakan perahu untuk akses keluar masuk desa. Dari pemantauan sejauh ini untuk korban jiwa belum ada, situasi kamtibmas masih kondusif, namun untuk kebutuhan sehari hari masyarakat sudah mulai resah,” jelas Kanit Binmas Aipda Heru Supomo.

Dia berharap, untuk situasi saat ini debit air Sungai Ketungau terus meningkat, ia meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang buruk.

“Ketinggian air Sungai Ketungau yang menggenangi Desa Nanga Ketungau sampai saat ini sudah mencapai 70 cm sd 120 cm, dikarenakan volume hujan turun di daerah hulu sangat kuat, dan berdampak pada meluapnya air, di Sungai Ketungau Desa Nanga Ketungau,” terang Heru. (PNC)