Gabung LTKL, Pemkab Sintang Terima Banyak Manfaat

oleh

SINTANG, KN – Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto mengikuti Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) 2021secara virtual di Command Center Kantor Bupati Sintang, Senin 5 Juli 2021.

Turut hadir di Command Center Kantor Bupati Sintang Kepala Bappeda Kartiyus dan Kepala Diskominfo Kurniawan.

Sementara Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) 2021 dibuka oleh Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari periode 2017-2021, Dodi Reza Alex Noerdin yang juga Bupati Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Turut memberikan sambutan dalam acara tersebut Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Periode 2021-2026.

Sudiyanto menyampaikan bahwa LTKL dan APKASI sudah bergotong royong dalam menghadapi pandemic Covid-19 dan bencana alam yang dialami anggota LTKL.

“Pandemi dan bencana membuat daerah rentan dalam hal ekonomi, kerusakan lingkungan dan ketahanan pangan. Oleh sebab itu, LTKL ini sangat bagus sekali menurut saya, karena sudah melakukan pemetaan kebutuhan anggota seperti kebutuhan akan kesehatan, riset kebencanaan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, peningkatan ekonomi desa dan penggalangan dana,” ujar Sudiyanto.

“Untuk mewujudkan itu, kami sudah bermitra dengan banyak pihak. Kami merasakan sangat banyak manfaat dan dampak karena sudah bergabung dalam LTKL ini,” kata Sudiyanto.

Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) 2021 diikuti oleh 9 kabupaten anggota LTKL, 21 jejaring mitra multipihak, perwakilan donor, dan kabupaten observer.

Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) 2021 dipimpin oleh tiga orang formatur yang dipimpin oleh Nelson Pomalingo Bupati Gorontalo, didampingi Gita Syahrani (Sekretariat LTKL)  dan Fitrian Ardiansyah (Dewan Penasihat LTKL).

Adapun Rapat Umum Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) 2021 antara lain:

1. Memutuskan kepengurusan LTKL periode 2021-2024 dan pengangkatan APKASI sebagai Dewan Pengawas LTKL.

2. Deklarasi komitmen kabupaten anggota LTKL fase 2 (dua) terkait target capaian anggota LTKL dan model pemantauan kemajuan kabupaten anggota melalui pendekatan lima pilar.

3. Memutuskan program strategis LTKL jangka pendek, menengah dan panjang baik dari sisi program hingga strategi komunikasi dan mengevaluasi pelaksanaan program periode 2017 – 2020 dan peluncuran beberapa produk hasil capaian kabupaten sebagai kabupaten anggota LTKL.

4. Meningkatkan terpaan maupun eksposur untuk narasi produk lokal lestari serta transaksi penjualan dari produk UMKM melalui UMKM Fair dan memperluas jejaring baik dari sisi pemerintah kabupaten, mitra pembangunan, swasta hingga UMKM. (*)