Hadapi Tatanan Hidup Baru, Tim Gugus Tugas Bekerja Siang Malam

oleh

SINTANG, KN – Sejak diberlakukan era tatanan hidup baru didalam kondisi perkembangan Pandemi covid19, Pemerintah memberikan kelonggaran kepada warga masyarakat untuk dapat beraktifitas diruang publik ataupun dikeramaian agar roda perekonomian tetap terus berjalan namun protokol kesehatan Covid-19 tetap diberlakukan guna menekan peredaran dari virus Corona yang saat ini masih terus berkembang.

Kondisi ini tentu perlu dilakukan pengawasan dan pendisiplinan terhadap kegiatan masyarakat ketika melakukan aktifitas diluar rumah serta berada dikeramaian umum. Setiap tempat-tempat umum sekarang diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Setiap malam jelang pukul 22.00 wib tim gugus tugas yang terdiri TNI-Polri-Sat Pol PP berpatroli keliling Sintang Kota, mulai dari menyampaikan himbauan hingga mendisiplinkan para pemuda yang masih nongkrong diwarung kopi, cafe dan tempat hiburan malam untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak fisik serta selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun .

“Sejauh ini masih kita temui warga yang tidak mengikuti adaptasi kehidupan baru dimana social distancing (jaga jarak fisik saat berkerumun) masih terabaikan,” ungkap AKP Kamto, selaku Kasatgas Pencegahan Operasi Aman Nusa II Covid 19 Polres Sintang. “Untuk waktu operasional warung kopi kan sudah ditetapkan dengan surat edaran bupati sintang sampai dengan pukul 23.00 wib sedangkan cafe tempat hiburan hingga pukul 24.00 wib. Jadi jam 21.30 kita sudah mulai patroli, kalau di Polres kita apel dulu sebelum berangkat,” tambahnya.

Menurut Kasat Sabhara Polres Sintang ini, para pemilik usaha sudah menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya. Selain itu terlihat juga saat ini penataan tempat duduk juga sudah disesuaikan jarak meja satu sama lain.

Ditambahkan juga oleh Kompol Zulfikar selaku Karendal Ops pada Ops Aman Nusa II ini bahwa,”Kita tim tugas Ops Aman Nusa II Polres Sintang dibantu oleh rekan-rekan TNI Kodim 1205 Sintang dan Satpol PP Kab Sintang saling bersinergi untuk melakukan pengawasan dan pendisiplinan masyarakat saat berada diruang publik. Karna kita semua tahu bahwa wabah covid 19 ini masih merajalela di Bumi Senentang, namun kita juga memahami bahwa masyarakat sudah bosan dengan isolasi, mereka perlu bersosialisasi kembali secara nyata tidak hanya lewat media sosial, jadi kita sebagai perpanjangan tangan pemerintah wajib untuk mengingatkan menghimbau agar masyarakat mengindahkan protokol kesehatan yang ada,” papar Kompol Zulfikar.

“Kita ingatkan mereka untuk jaga jarak saat di warkop, kita himbaukan agar selalu mengenakan masker saat keluar rumah, dan cuci tangan sebelum serta sesudah nongkrong,” lanjutnya.

“Kegiatan sosialisasi dan himbauan terkait Covid-19 diera tatanan hidup baru ini akan terus kita gelar baik pagi, siang dan malam agar masyarakat benar benar paham dan mematuhi semua protokol kesehatan yang sudah ditetapkankan, hujan panas tidak menjadikan kendala bagi tim karena kita ingin semua warga masyarakat Sintang terbebas dari dampak covid19,” tutup Kompol Zulfikar. (RL)