Hadiri Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2021, Fransiskus Diaan: Semoga Memberi Kemajuan Daerah Perbatasan

oleh
Bupati Fransiskus Diaan dalam momentum Pencanangan Gerbangdutas 2021

KAPUAS HULU, KN – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, menghadiri kegiatan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk Kabupaten Sambas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia. Dengan agenda kegiatan Pencanangan Pelaksanaan Program dan Kegiatan Kementerian/Lembaga yang diarahkan untuk pembangunan di kawasan perbatasan negara tahun anggaran 2021. Jumat, (9/4/2021)

Gerbangdutas sendiri merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2021 tentang Percepatan Pembanguan Ekonomi Pada Kawasan Perbatasan Negara termasuk di Kabupaten Kapuas Hulu.

Pada kesempatan ini, Bupati Kapuas Hulu menyampaikan, dirinya sangat mendukung adanya Gerbangdutas, dengan memperhatikan kewewenangan yang sesuai dengan otonomi daerah.

“Harapan saya dengan adanya Gerbangdutas, ini akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemajuan di daerah perbatasan, termasuk Kapuas Hulu,” ungkapnya.

Pembangunan daerah perbatasan merupakan bagian dari program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu yaitu Mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dan membangun Kapuas Hulu dari pinggiran.

Kegiatan Gerbangdutas diselenggarakan secara virtual dan dipusatkan di PLBN Aruk. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian serta seluruh kepala daerah se-Prov Kalbar. Rangkaian kegiatan inti diawali dengan Laporan Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, dilanjutkan dengan Sambutan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji.

Selanjutnya Sambutan Menko Polhukam yang dilanjutkan dengan Pencanangan Kegiatan PBWN-KP 2021 dan Peluncuran Virtual Expo Komoditas Daerah Perbatasan.

Acara berlanjut denga penandatanganan prasasti peresmian hasil kegiatan tahun 2020, penanaman pohon, menyaksikan penyerahan produk UMKM oleh Bupati Sambas, Bupati Bengkayang, dan Walikota Singkawang kepada Konsulat Jenderal RI di Kuching Malaysia untuk di promosikan di Malaysia, Menerima penjelasan singkat terkait Penanganan Pelintasan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia melalui PLBN di Kalbar oleh Danrem 121/Abw, dan terakhir Menerima penjelasan singkat terkait Pembangunan Terminal Barang Internasional (TBI) oleh Kepala BPTD Wilayah XIV Kalbar (Kemenhub). (ygn)