Hasil Kreasi UMKM, Dekranasda dan Disparindagkop Bagikan 1000 Masker di Pasar

oleh
oleh
Kadis Parindagkop UKM Sintang, Sudirman saat membagikan masker kepada pedangan sayur

SINTANG, KN – Disparindagkop UKM dan Dekranasda Kabupaten Sintang membagikan 1.000 masker kepada pedagang di Pasar Junjung Buih, Jumat (18/9/2020).

Pembagian masker tersebut merupakan upaya pencegahan COVID-19 yang kian massif di Kabupaten Sintang.

“1.000 masker yang kami bagikan ini merupakan kreasi dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” Kata Ketua Dekranasda Sintang, Rosinta.

Lanjut Rosinta, pembagian masker, selain di Pasar Junjung Buih, juga dilakukan di Pasar Masuka, Kelurahan Kapuas Kiri Hilir dan Pasar Sungai Durian.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu mengenakan masker, menjaga jarak serta menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan untuk mencegah COVID-19,” ucapnya.

Sementara itu, Kadisperindagkop UKM Sintang, Sudirman menambahkan, selaku dinas yang punya tupoksi pembinaan terhadap pelaku UMKM khususnya di pasar pemerintah, pihaknya mengapresiasi Dekranasda Sintang yang telah turun langsung untuk membagikan masker gratis pada para pedagang di Pasar Junjung Buih.

“Seperti disampaikan Ibu Ketua, pembagian masker ini akan dilaksanakan berkelanjutan dibeberapa pasar lain. Pembagian masker ini untuk pencegahan COVID-19. Mengingat sudah dianjurkan pemerintah sesuai Peraturan Bupati (Perbup),” tuturnya.

Ia meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak. “Nanti kami akan menerapkan Perbup nomor 60 tentang penegakan disiplin. Kami sudah mengimbau secara tertulis, nanti akan diawasi berkelanjutan. Kita ingin menerapkan sanksi sesuai Perbup seperti kerja sosial dan denda. Untuk penerapannya, akan bekerjasama dengan TNI, Polri dan Satpol PP,” pungkasnya. (Bta)