Human Initiative Kaltim Launching HOME Children Learning Center

oleh

KALIKPAPAN, KN – Selasa (22/12) HOME Children Learning Center Balikpapan resmi dibuka oleh Kepala Cabang Human Initiative Kaltim dalam rangkaian milad HI 21th.

Pusat pembelajaran dan edukasi anak yang berlokasi di Kelurahan Damai Bahagia ini menjadi satu program yang memfasilitasi masyarakat yang kurang mampu serta anak yatim yang ada di kawasan kampung pemulung pesisir pantai. Nantinya HOME akan menjadi alternative adik-adik untuk mendapatkan pembelajaran non formal.

Penerima manfaat yang mengikuti kegiatan HOME meliputi masyarakat yang ada disekitar kawasan kampung pemulung dengan prioritas untuk anak yatim, dhuafa, dan anak-anak terlantar, dengan tujuan untuk membangun dan membentuk karakter melalui wahana bermain, belajar, dan berkreasi. Terdapat 50 anak yatim dari 2 kelurahan Damai Bahagia dan Sungai Nangka, yang akan mendapatkan pendampingan dan bantuan pendidikan. Selain itu HOME juga terbuka bagi anak-anak sekitar yang ingin mengakses fasilitas untuk bertumbuh dan belajar bersama. Adapun fasilitas yang ada diantaranya rumah baca, rumah belajar online, rumah minat bakat, rumah parenting dan edukasi perlindungan anak, hingga rumah edukasi menanamkan pola hidup bersih dan sehat yang sangat dibutuhkan di masa pandemi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Cabang Human Initiative Kaltim, Hidayatullah, S.E menyampaikan “Program HOME hadir sebagai rumah belajar untuk anak-anak di masa pandemi, alhamdulillah Kaltim menjadi bagian dari 16 titik senasional. Guna memenuhi kebutuhan hak dan perlindungan anak yang meliputi pemberdayaan orangtua kelak, diharapkan hal ini juga didukung dengan pihak-pihak yang memiliki nilai yang sama untuk kesejahteraan anak anak. Program ini akan berkolaborasi dengan pemerintah setempat, dinas terkait, akademisi hingga komunitas dan pihak korporasi serta donaturperorangan” ujar beliau.

Program berbasis wilayah ini, adalah bagian dari program Initative For Children yang merupakan konsentrasi HI dalam memenuhi hak dan perlindungan anak-anak yang ada di Indonesia. Sesuai dengan tujuan perkembangan berkelanjutan (SDG’s) yang ke 4 yakni Pendidikan berkualitas, HOME diharapkan bisa menjadi salah satu program yang mewujudkan pedidikan di masyakarat pada kelompok rentan. Sehingga tidak akan ada lagi anak putus sekolah, ataupun anak yang tidak bisa membaca.

Kelurahan Damai Bahagia sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan turut bersyukur, melihat kondisi yang ada di wilayah mereka. Kami siap mendukung agar program ini berjalan dengan baik dan manfaatnya makin meluas. Kami ucapkan terimakasih kepada siapapun yang telah turut andil dalam pembangunan HOME Learning Center ini. Semoga Allah membalas kebaikan kelak di akhirat” ujar Mordelina.

Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir rekan-rekan dari perwakilan kampus yang akan bergabung sebagai volunteer. Mereka dapat turut mengajar ataupun beraktivitas bersama dengan adik-adik yang ada HOME sesuai dengan ilmu dan skill yang diampu. Semoga hadirnya HOME Children Learning Center ini diharapkan dapat membantu memenuhi hak anak, dan dapat menumbuhkan karakter anak yang lebih baik, serta mendapatkan pendidikan tambahan selain sekolah formal. (Rls)