Ini Alasan Wabup Minta ASN Tak Frustasi di Tengah Pandemi Covid-19

oleh

SINTANG, KN -Wakil Bupati Sintamg, Sudiyanto berharap tidak ada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang mengalami kondisi “Frustasi” di tengah pandemi Covid-19.

Karena itu, Wabup Sudiyanto menyarankan agar ASN lebih kreatif dengan mencari aktivitas lain untuk mengisi waktu yang terbuang. Misalnya dengan melakukan pertanian dan peternakan.

“Di tengah pandemi ini saya tahu ASN banyak mengalami kesulitan. Tapi saya minta juga jangan sampai frustasi menghadapi kondisi ini. Saran saya, ayo tanam sayuran dan pelihara ikan di pekarangan rumah untuk mendukung ketahanan pangan dan mengurangi beban belanja rumah tangga, karena kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir,” ungkap Wabup Sudiyanto ketika menghadiri misa Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, TNI, Polri, BUMN serta lembaga keuangan yang beragama Katolik di Langkau Kita, Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, Jumat (18/6/2021).

Kemudian Wabup Sudiyanto menyarankan, agar ASN tidak ragu untuk menanam beberapa komuditas. Sebab sawit, petai, jengkol, dan cabai memiliki nilai ekonomi tinggi

“Artinya, kita jangan hanya mengandalkan gaji yang kebanyakan sudah ambil kredit. Sementara kebutuhan rumah tangga semakin tinggi seperti biaya makan minum dan biaya sekolah anak. Mau tidak mau kita harus kreatif. Nah, yang ada lahan, tanam saja dengan komoditas yang bernilai jual tinggi. Walaupun hasilnya tidak harus dinikmati besok atau lusa, tetapi itu merupakan investasi 5 sampai 6 tahun ke depan baru bisa menikmati hasilnya,” saran Wabup Sudiyanto.

Selain itu, Wabup Sudiyanto juga mengingatkan kembali kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, terutama soal etos kerja.

“Jadilah pelayan publik yang baik dan berkualitas , terutama saat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai ASN. Dan tidak dibenarkan dalam bekerja hanya mengandalkan pendekatan, tetapi tunjukan cara dan kualitas kerja yang baik. Teruslah menambah wawasan dan kuasai teknologi informasi,” pungkas Wabup Sudiyanto. (*)