Isran Sarankan Luas Lahan Kantor KL Diperhatikan

oleh

KALTIM, KN – Pembangunan infrastruktur di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), diharap Gubernur Kaltim Isran Noor tidak sekedar untuk sepuluh atau dua puluh tahun tetapi selama-lamanya.

Karenanya, menurut Gubernur Isran Noor penataannya harus benar-benar matang dan tetap memperhatikan berbagai aspek termasuk masalah lingkungan.

Dalam rapat lanjutan Badan Otorita IKN, Kamis (12/5/2022) di Hotel Alilla SCBD Jakarta, Gubernur Isran sebagai salah satu tim Penasehat Pendukung Persiapan, Pembangunan dan Pemindahan (P4) IKN, menyarankan luas areal setiap kantor kementrian dan kelembagaan (KL) benar-benar diperhatikan baik luasan maupun lingkungannya.

“Masalah lahan dan luasan masing-masing kementerian dan lembaga negara harus dipersiapkan matang-matang, sehingga beberapa tahun kemudian tidak menimbulkan masalah, namun tetap memperhatikan lingkungan hidupnya,” saran Isran.

Dalam rapat yang diikuti Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN, termasuk Prof Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro, serta semua tim transisi, dibahas tiga agenda terkait perencanaan pembangunan infrastruktrur kawasan inti IKN, Perencanaan Energi dan Transportasi serta Sistem Telekomunikasi.

Gubernur Isran dalam pertemuan yang dimulai pukul 09.00 WIB itu, menaruh harapan perencanaan pembangunan kawasan IKN dalam waktu tidak lama sudah tuntas, sehingga target pada tahun 2024 sudah difungsikan terwujud.

“Kita perlu mensinergikan semua kekuatan dan komponen, sehingga apa yang ditargetkan bisa diwujudkan namun tidak mengambaikan aspek-aspek lainnya,” sarannya.

Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengakui lembaga yang ia pimpin terus bekerja menuntaskan apa yang sudah target saat ini. Bahkan, Otorita IKN ujarnya, sudah merencanakan segera melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi.
.
“Kita yang ada di Otorita IKN, terus bergerak dan mensenergikan semua komponen agar apa yang ditargetkan bisa diwujudkan, meski dalam waktu singkat tidak semua dapat diwujudkan,” ungkap Bambang menjelang waktu istirahat rapat. (sdn/ky/yans/adpimprovkaktim)