Jangan Semprotkan Langsung Disinfektan ke Tubuh Manusia!

oleh
oleh
Harrysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang

SINTANG, KN – Beragam cara dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Satu di antara yang banyak digiatkan ialah penyemprotan disinfektan.

Disinfektan dipercaya mampu mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Disinfektan dikenal memiliki fungsi membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harrysinto Linoh mengimbau untuk tidak menyemprotkan disinfektan secara langsung ke tubuh manusia. Hal itu karena menyemprotkan disinfektan pada tubuh sesorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke tubuh.

“Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir, contohnya mata dan mulut,” kata Sinto, Jumat (10/4/2020).

Bahan-bahan kimia yang dimaksud Sinto tersebut ialah alkohol atau klorin yang biasanya ada dalam kandungan disinfektan. Alkohol dan klorin hanya bisa memusnahkan virus atau bakteri pada permukaan benda.

Faktanya, kata Sinto, larutan disinfektan hanya efektif memberishkan permukaan benda yang berpotensi terdapat banyak virus atau bakteri, dan tidak dianjurkan untuk disemprotkan ke tubuh atau pakaian sesorang.

“Cairan disinfektan bisa membersihkan virus pada permukaan benda-benda dan bukan pada tubuh atau baju dan tidak akan melindungi manusia dari virus jika berkontak erat dengan orang sakit,” katanya.

Seperti diketahui, penyemprotan cairan disinfektan pada tubuh manusia belakangan dilakukan untuk mematikan virus Corona atau Covid-19.

Bahkan, saat ini banyak tempat umum seperti bandara dan masjid, hingga sebelum masuk ke kampung-kampung, yang menyediakan tempat khusus penyemprotan bagi orang-orang yang datang.

Cara tersebut dilakukan untuk mematikan virus yang mungkin berada pada pakaian atau tubuh seseorang. Namun, Sinto mengingatkan untuk tidak menyemprotkan seseorang ke badan seseorang karena justru bisa membahayakan yang bersangkutan.

Untuk menghentikan penyebaran virus Corona, Sinto meminta untuk memakai disinfektan pada permukaan benda atau barang yang pernah atau sering tersentuh saja. (*)