Jelang Arus Mudik Lebaran, Satlantas Polres Mura Cek Kesiapan Angkutan Umum

oleh

KALTENG, KN – Polres Murung Raya – Untuk menciptakan Sitkamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif, Satlantas Polres Murng Raya (Mura) jajaran Polda Kalteng bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Mura melakukan pengecekan kondisi Mobil Travel dan para sopir. Pengecekan untuk memastikan angkutan umum dalam kondisi layak jalan menjelang arus mudik Lebaran, Rabu (20/4/2022) siang.

Pengecekan dilakukan di travel IRC, CV. Azka Travel Jl. Jendreal Sudirman dan CV. Ngaju Ngawa Travel dan CV. Putra Borneo Travel Jl. A. Yani Kota Puruk Cahu, Kan. Murung Raya. Pengecekan mencakup perlengkapan Travel seperti lampu, wiper, ban, mesin maupun surat- surat kendaraan. Seluruh bagian dicek secara teliti, Petugas juga masuk ke dalam mobil travel untuk mengecek perlengkapan di dalamnya.

Kasat Lantas Mura AKP Suprianto, S.H dalam keterangannya mengatakan, pengecekan dimaksudkan untuk memastikan kondisi angjutan umum dalam kondisi layak jalan. Hal itu sangat penting, apalagi sebentar lagi memasuki masa arus mudik Lebaran.

“Travel ini akan digunakan untuk mengangkut pemudik nantinya. Jadi harus dipastikan kondisinya benar-benar layak jalan,” ujarnya.

Tak kalah penting adalah kondisi kesehatan para sopir. Dalam kesempatan ini Kasat Lantas juga mengingatkan agar kesehatan sopir harus benar-benar prima dan baik.

Sementara, dari koordinasi Satlantas bersama Dishub memperkirakan jumlah pemudik pada tahun 2022 ini akan mengalami peningkatan signifikan dibanding saat lebaran tahun 2020 dan tahun 2021 lalu. Hal ini dengan pertimbangan ada kelonggaran dari pemerintah pusat yang memperbolehkan mudik lebaran dengan beberapa syarat penting salah satunya sudah mengikuti vaksinasi virus corona dosis 3 atau booster.

“Kami juga menghimbau kepada para pengemudi angkutan umum agar selalu mematuhi peraturan berlalu lintas dan mensosialisasikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tutur AKP Suprianto. (van/sam)