Jelang Pendaftaran Pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati, Polres Sintang Siagakan Tim Mantap Praja

oleh

SINTANG, KN – Wakapolres Sintang, Kompol Alber Manurung SH, SIK menghadiri acara simulasi persiapanan tahapanan pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Sintang tahun 2020 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, Kamis (3/9/2020).

Dalam simulasi tersebut dicontohkan salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati datang bersama para simpatisan partai mengantarkan pasangan yang diusung untuk mendaftarkan diri di kantor KPU.

“Untuk pengamanan kita sudah siagakan tim Operasi Mantap Praja 2020. Kita mengantisipasi apa bila terjadi konflik di tengah massa yang hadir, semoga tahapan ini kita lalui dengan aman dan lancar,” kata Alber.

Dijadwalkan dalam agenda KPU, pada tanggal 4 – 6 September dilakukan proses pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati yang akan ikut serta dalam Pilkada Sintang 2020. Kemudian dilanjutkan dengan proses pengumuman bapaslon pada tanggal 4-8 Septermber 2020 lalu masa ada tahapan pemeriksaan kesehatan bapaslon pada tanggal 4-11 September 2020.

“Dari arahan KPU kita sudah mendengar bahwa ada pembatasan jumlah orang yang boleh masuk ke dalam kantor KPU besok, hanya bakal pasangan calon, perwakilan partai dan beberapa orang kader saja, sebagaimana diatur terkait protokol kesehatan pada masa pandemi covid 19 ini. Namun, kita siap siaga juga untuk menjaga keamanan di luar gedung dimana jumlah massa simpatisan yang datang bisa saja cukup banyak,” terang Alber. (Hr)