Jokowi Berikan Teguran Keras ke Zulkifli Hasan yang Kampanyekan Anaknya Saat Bagi Minyak Goreng

Presiden Joko Widodo bersama Ketum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jakarta, KN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan agar fokus dalam bekerja mengurusi berbagai masalah pangan dan kebutuhan pokok nasional. Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi aksi Zulhas yang mengampanyekan anaknya, Futri Zulya Savitri, saat membagikan minyak goreng di Telukbetung Timur, Bandar Lampung.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau menteri perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14 ribu atau di bawah Rp 14 ribu. Paling penting itu, tugas dari saya itu,” kata Jokowi di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7).

Jokowi mengatakan, kegiatan Zulkifli Hasan saat itu dilakukan untuk mengecek berbagai harga kebutuhan pokok, utamanya minyak goreng curah. Begitupun dengan kegiatan yang dilakukannya pada pagi hari ini. Ia juga mengaku tengah mengecek harga minyak goreng curah di pasar.

“Jadi ke pasar-pasar adalah dalam rangka mengecek, saya pun sama mengecek minyak goreng utamanya ini yang kita cek itu minyak curah lho ya. Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium, yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka di Rp 14 ribu atau di bawahnya,” jelasnya.

Saat ini, tambahnya, harga minyak goreng di berbagai pasar di Pulau Jawa sudah menyentuh sekitar Rp 14 ribu. Sedangkan di luar Pulau Jawa masih berada di atas Rp 14 ribu. “Ya satu persatu kita selesaikan,” tambahnya.

Peringatan Jokowi agar menteri fokus bekerja tak hanya ditujukan untuk Menteri Perdagangan. Namun, juga kepada seluruh jajaran menteri di kabinetnya.

“Sama, semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan energi sama pangan. Itu penting,” ujarnya.

Jokowi menyebut, pemerintah terus bekerja menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan energi dan pangan yang terdampak akibat kondisi global.

“Jadi saya urus terus urusan BBM, berkaitan dengan energi, batu bara, semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan. Jadi konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN yang juga Mendag Zulkifli Hasan membagikan minyak goreng dengan merek besutan Kemendag, Minyakita, untuk masyarakat di pasar murah yang diselenggarakan PAN di Kecamatan Telukbetung Timur, Lampung pada Sabtu (9/7). Minyak goreng kemasan satu liter tersebut dapat dibeli oleh warga dengan harga Rp 10 ribu.

Namun, Zulkifli menggratiskan minyak goreng tersebut dan berpesan kepada masyarakat agar memilih anaknya yang merupakan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1, Futri Zulya Savitri.

“Uangnya enggak usah, dikantongin ajah. Rp 10 ribu yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh ginian dua bulan sekali,” kata Zulkifli.(*)